Kontrol Diri Siswa Dalam Bermain Higgs Domino Island

Sari Jannatul Rahmi(1*), Frischa Meivilona Yendi(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Game online merupakan media hiburan digital yang sangat diminati oleh remaja. Salah satunya adalah game higgs domino island. Banyak remaja yang belum memiliki kontrol diri yang baik, hal ini dapat dilihat ketika remaja menghabiskan waktunya untuk bermain higgs domino island sehingga banyak pekerjaan yang terbengkalai. Kontrol diri dapat dilihat dari lima aspek, yaitu: (1) Self-discipline (disiplin diri). (2) Deliberate/non-impulsive (tindakan atau aksi yang tidak impulsive). (3) Healthy habits (kebiasaan sehat). (4) Work ethic (etika kerja). (5) Reliability (kehandalan). Penelitian ini bertujuan untuk mesdeskripsikan kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island. Metode peneltian deskriptif dengan sampel sebanyak 113 orang siswa SMK Negeri 2 Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan presentase 62,83%. Berdasarkan hasil penelitan ini layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kontrol diri siswa dalam bermain higgs domino island, yaitu layanan informasi, layanan konseling kelompok dan layanan konseling individual.


Keywords

Kontrol Diri, Game Online, Higgs Domino Island, Siswa

References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance:Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17(2), 9-20.

Afdal, A. (2011). Pelayanan Konseling untuk Mempersiapkan Siswa Mengikuti Ujian Nasional.

Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological bulletin, 80(4), 286.

Budhi, F. H., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Intensitas Bermain Game Online Pada Mahasiswa Pemain Game Online Di Game Center X Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 478–481.

Fiqri, S. F., & Yusri, Y. (2020). Optimism of Guidance and Counseling Students in Completing Thesis. Jurnal Neo Konseling, 2(1).

Firman, Karneli, Y., & Hariko, R. (2016). Pencegahan Tindakan Kekerasan Melalui Pengembangan Panduan Pelaksanaan Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Problem Solving Dalam Peningkatan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Kota Padang. Padang: FIP UNP.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 2(2), 84-92.

Hardiyansyah, M. D. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Gangguan Kecanduan Game Online Pada Peserta Didik Kelas X Di Madrasah Aliyah Al Furqon Prabumulih. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 17.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 7 Padang. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 1–7.

Kamil, M. F., & Aestetika, N. M. (2021). Online Game Addiction Behavior in Teenagers. Indonesian Journal of Cultural and Community Development, 10-21070.

Melka, F. D., Ahmad, R., Firman, Syukur, Y., Sukmawati, I., & Handayani, P. G. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling, 00(00).

Naradipa,, C. (2014). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Enjoyment, Perceived Cohesion, Social Norm Dan Customer Preference Terhadap Customer Loyalty Komunitas Game Online First Person Shooter Di Surabaya. CALYPTRA, 3(1), 1-20.

Pasaribu, E. Y. (2022). Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Kecerdasan Emosional Pada Remaja Di Kota Medan. Repository Universitas HKBP Nommensen.

Prasetiawan, H. (2016). Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 116-125.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil:Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pres.

Putra, S. A., Daharnis, & Syahniar. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2.

Putri, M. N., Daharnis, & Zikra. (2017). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 6(1), 1-5.

Putri, M. N., Firman, & Zikra. (2015). Efektivitas Layanan Informasi Mengurangi Stres Menghadapi Ujian. Jurnal Ilmiah Konseling, 2, 1-9.

Rambe, S. A., Mudjiran, & Marjohan. (2017). Pengembangan Modul Layanan Informasi untuk Mengembangkan Kontrol Diri dalam Penggunaan Smartphone. Konselor, 6(4), 132-237.

Reza, R. M., & Mulawarman, M. (2021). Efektivitas konseling kelompok online pendekatan behavior Efektivitas konseling kelompok online pendekatan behavior. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 22-30.

Sari, Y. P. (2022). Peran orang tua dalam mengatasi perilaku menyimpang remaja akibat game online higgs domino di kelurahan padang kapuk bengkulu selatan. Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sasmita, H., & Karneli, Y. (2020). Layanan Bimbingan Konseling Sebagai Upaya Pembentukan Kemandirian Siswa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2).

Sayopi, A. R., Firdaus, M., & Salam, N. E. (2022). Fenomena Game Higgs Domino Island Pada Kalangan Masyarakat Produktif Di Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 325-7335.

Sitoresmi, D. (2022). Pengaruh Konseling Individual Behaviour Kontrak Perilaku Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Remaja. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(1), 30-37.

Sukmawati, I., Neviyarni, Syukur, Y., & Said, A. (2013). Peningkatan hasil belajar melalui dinamika kelompok dalam perkuliahan Pengajaran Psikologi dan Bimbingan Konseling (PPBK). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 10-18.

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto: IRDH.

Tangney, J. P., Boone, A. L., & Baumeister, R. F. (2004). High self-control predicts good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success. Journal of Personality, 72(2), 271–322.

Tanjung, R., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa stkip pgri sumatera barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 3(2).

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 109-114.

Yulfitri, Marjohan, & Sano, A. (2014). . Konformitas Internalisasi Siswa terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(1).




DOI: 10.24036/0769cons
10.24036/0769cons

Article Metrics

Abstract View : 104 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.