Perbandingan Tingkat Kecemasan Korban Bullying pada Siswa SMA dan MA

Nadda Tuffahati Mutri(1), Yeni Karneli(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Fenomena permasalahan pada remaja yaitu munculnya tindakan bullying. Bullying merupakan tindakan kekerasan yang bertujuan untuk menyakiti orang lain secara fisik dan psikis. Bullying dapat menimbulkan dampak kecemasan terhadap korbannya. Faktor yang mempengaruhi kecemasan pada korban bullying salah satunya yaitu religiulitas dimana nilai spiritual dapat mempengaruhi cara berfikir dan tingkah laku seseorang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengamati gambaran kecemasan korban bullying di sekolah dan menemukan perbedaan kecemasan korban bullying pada siswa SMA dan MA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif yang dianalisis secara statistika. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) kecemasan korban bullying pada siswa SMA berada pada kategori tinggi dengan persentase rata-rata skor pencapaian 53,33%, (2) kecemasan korban bullying pada siswa MA berada pada kategori sedang dengan persentase rata-rata skor pencapaian 60%, (3) terdapat perbedaan tingkat kecemasan korban bullying pada siswa SMA dan MA dengan sig. (2-tailed) 0,019 ? 0.05.


Keywords

Kecemasan Korban Bullying, Siswa SMA, Siswa MA

References

Almizri, W., & Karneli, Y. (2021). Teknik Desensitisasi Sistematik Untuk Mereduksi Gangguan Kecemasan Sosial (Social Anxiety Disorder) Pasca Pandemi Covid-19. Educouns Journal: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 75–79. https://doi.org/10.53682/educouns.v2i1.2130

Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor, 5(2), 93. https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00

Karneli, Y. (2019). Upaya Guru Bk/Konselor Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa Dengan Menggunakan Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 32. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.430.000-000

Lestari, K. E., & Firman, F. (2021). The effectiveness of group guidance services using the Gestalt Counseling Approach with projection techniques in preventing bullying among students. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.24036/005446ijaccs

Nandiya, V. . (2013). Persepsi Siswa Tentang Tindakan Tegas Mendidik Yang Diberikan Guru Bimbingan Dan Konseling Kepada Siswa Yang Melanggar Peraturan Sekolah Di Smp N 24 Padang. Konselor, 2(1), 156–161. https://doi.org/10.24036/0201321884-0-00

Sasmita, H., Prayitno, & Karneli, Y. (2020). Layanan bimbingan konseling sebagai upaya pembentukan kemandirian siswa. IJoCE : Indonesian Journal of Counseling and Education, 1(2), 37–47.

Sukmawati, I., Fenyara, A. H., Fadhilah, A. F., & Herbawani, C. K. (2021). Dampak Bullying Pada Anak Dan Remaja Terhadap Kesehatan Mental. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2021, 2(1), 126–144.

Sukmawati, I., Neviyarni, N., Karneli, Y., & Netrawati, N. (2019). Penilaian dalam konseling kelompok Gestalt. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(1), 40. https://doi.org/10.29210/02267jpgi0005

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. IRDH.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan Informasi Dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Mahasiswa Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 155–164. https://doi.org/10.30870/jpbk.v3i2.3937

Yandri, H., Suhaili, N., Marjohan, M., & ... (2023). The Impact Of Using Existential Therapy To Build Awareness Of Death For Victims Of Bullying. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(3), 369–378. https://doi.org/10.26539/teraputik.631394

Yulfitri, F., Marjohan, M., & Sano, A. (2014). Konformitas Internalisasi Siswa Terhadap Peraturan Sekolah dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 36–41. https://doi.org/10.29210/111800




Article Metrics

Abstract View : 93 times


Refbacks