Motivasi Belajar Siswa Dengan Pelaksanaan Pembelajaran Daring

Rize Azizi(1*), Yarmis Syukur(2),

(1) Departement Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang
(2) Departement Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Motivasi belajar adalah suatu keadaan yang terdapat pada diri seorang individu untuk memulai suatu kegiatan atau aktivitas belajar atas kemauannya sendiri atau minat individu dalam menyelesaikan tugas tepat waktu, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh individu tersebut dapat tercapai. Fenomena yang terjadi di lapangan terdapat siswa mengatakan bahwa kurang memahami materi pelajaran serta tidak dapat berkonsentrasi dengan baik ketika belajar di rumah melalui pembelajaran daring, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam belajar yang membuat siswa jadi tidak bersemangat, hal itu membuat siswa jadi kurang termotivasi dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI di SMAN 1 Gunung Talang sebanyak 774 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 264 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket motivasi belajar, dengan model skala likert. Data diolah dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup tinggi terlihat sudah adanya siswa yang memiliki kenginan untuk berhasil dalam belajar.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.


Keywords

Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring.

References

Desri Melka, Faulla, Riska Ahmad, Firman, Yarmis Syukur, Indah Sukmawati, and Puji Gusri Handayani. (2018). “Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Penerimaan Teman Sebaya Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Neo Konseling 00 (November): 1–7. https://doi.org/10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX.

Fawri, A., & Syukur, Y. (2022). The effectiveness of content mastery services with Jigsaw Type Cooperative Learning Models to improve students' interpersonal communication skills. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 3(2), 22-30.

Firman, F., Karneli, Y., & Hariko, R. (2018). Improving Students Moral Logical Thinking and Preventing Violent Acts Through Group Counseling in Senior High Schools. Advanced Science Letters, 24(1), 24-26.

Khofifah. A, Sano. A. & Syukur. Y. (2013). Permasalahan yang Disampaikan Siswa kepada Guru BK/Konselor. Konselor Jurnal Ilmiah Konseling., 2(2), 26–33.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 134–140.

Nengsih, Firman & Iswari, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan dan kelompok terhadap Perencanaan Karier Siswa SMA Pembangunan Laboraturium Universitas Negeri Padang. Jurnal Konselor., 4(3).

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14. https://doi.org/10.1177/0047239518788278

Pratiwi, S. P & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor Jurnal Ilmiah Konseling., 2(1), 324–329.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. FIP UNP.

Prayitno & Amti, E. (2014). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Pulungan, S. H., Firman., Ahmad, R. (2008). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Collaborative Learning Melalui Facebook dalam Peningkatan Self Regulated Learning Siswa. 1(1), 1-10

Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rinawati. (2021). Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Covid-19 Di SD Negeri 14 Bengkulu Selatan.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. 31(1).

Sari, A. P., Ilyas, A., Ifdil., (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 3(2), 110-117.

Syukur, Y., Neviyarni & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. CV IRDH.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Zahri, T. N, Yusuf, A. M, & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa Serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18-23




DOI: 10.24036/0780cons
10.24036/0780cons

Article Metrics

Abstract View : 23 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.