Hubungan Pola Asuh Permisif dengan Perilaku Bullying Siswa di Sekolah Menengah Atas

Rizka Srinadila(1*), Indah Sukmawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini didasarkan dengan adanya fenomena siswa yang melakukan tindakan bullying di sekolah. Tindakan bullying yang dilakukan berbagai bentuk seperti bullying fisik, verbal, dan relasional. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya tindakan bullying adalah pola asuh orangtua salah satunya pola asuh permisif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh permisif dan perilaku bullying siswa, serta menguji hubungan antara pola asuh permisif dengan perilaku bullying siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 379 orang siswa. Adapun teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling, menggunakan instrumen berupa angket pola asuh permisif dan angket perilaku bullying dengan model skala likert dengan jumlah sampel yaitu 51 orang siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif menggunakan rumus product moment correlations dengan bantuan program SPPS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  Pola asuh permisif siswa SMAN 1 Sungai Limau berada pada kategori tinggi dengan persentase 98.04%. (2) perilaku bullying siswa SMAN 1 Sungai Limau berada pada kategori sedang dengan persentase 41.18% (3) Terdapat  hubungan  yang  positif  signifikan  antara pola asuh permisif dengan perilaku bullying siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,481 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. 


References

Amira, A., D., K., & Netrawati. (2021). The Relationship of Parenting Patterns with Students’ Moral Behavior. Junal NeoKonseling, 3(4), 25-31. http://neo.ppj.unp.ac.id/index/php/neo.

Beane, A. L.(2008). Protec Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey-Bass.

Idi, A.,& Safarina.(2015). Etika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Juwita, D., H., Wasidi & Illawaty, S.(2017). Hubungan Antara Bimbingan Orangtua dengan Kecerdasan Emosional Pada Siswa Pelaku Bullying SMP Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling. 1(2), 79-87.

Lestari, K. E., & Firman, F. (2021). The effectiveness of group guidance services using the Gestalt Counseling Approach with projection techniques in preventing bullying among students. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.24036/005446ijaccs.

Latupasjana, Z., Neviyarni, N., Marjohan, M., Afdal, A. (2022). Bullying Behavior In Youth In West Sumatera Province. Jurnal Neo Konseling, 4(1), 16-19. https://doi.org/10.24036/00629kons.

Muslim, M., Neviyarni, N., & Karneli, Y. (2019). Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy in Improving Students’ Understanding of Bullying. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 94. https://doi.org/10.32698/0732.

Putri, M., E., Nirwana, H., & Sukmawati, I. (2020). Hubungan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Kecenderungan Berperilaku Agresif Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(1), 14-20. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti.

Putriani, L., Neviyarni., Karneli, Y., Netrawati. (2021). Konselor dalam Bimbingan dan Konseling Kelompok dengan Expressive Arts Therapy. Counseling As Syamil, 1(2), 29-37. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/as-syamil/articel/view/480.

Latupasjana, Z., Neviyarni, N., Marjohan, M., Afdal, A. (2022). Bullying Behavior In Youth In West Sumatera Province. Jurnal Neo Konseling, 4(1), 16-19. https://doi.org/10.24036/00629kons.

Muslim, M., Neviyarni, N., & Karneli, Y. (2019). Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy in Improving Students’ Understanding of Bullying. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 94. https://doi.org/10.32698/0732.

Putri, M., E., Nirwana, H., & Sukmawati, I. (2020). Hubungan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Kecenderungan Berperilaku Agresif Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(1), 14-20. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti.

Putriani, L., Neviyarni., Karneli, Y., Netrawati. (2021). Konselor dalam Bimbingan dan Konseling Kelompok dengan Expressive Arts Therapy. Counseling As Syamil, 1(2), 29-37. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/as-syamil/articel/view/480.

Rigby, K. (2007). Bullying in Schools: And What To Do About It. Australia: ACER PRESS.

Rahmanisa, R., Y., Marjohan., Netrawati., Sukma, D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Fatigue dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. Journal of Education and Instruction, 6(1), 233-242. https://doi.org/10.31539/joeai.v6il.6231.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(2), 88-99. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sari, R., K., & Netrawati. (2019). Parenting Profiles in Arranging Child Disciplne ( Study in Junior High School 13 Padang. Junal NeoKonseling, 1(4), 1-4. http://neo.ppj.unp.ac.id/index/php/neo.

Syofiani, D.(2016). Pola Asuh Orangtua Terhadap Perilaku Bullying Remaja. Jurnal PPKn & Hukum. 11(1), 67-85.

Visty, S.A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan, 2(1). 50-58. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/JISP.

Yunika, R., Alizamar, A., & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang. Konselor, 2(3), 21–25. https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00.

Yudha, R., I.& Idris. (2014). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada SMK Bidang Manajemen Bisnis Jurusan Pemasaran di Kecamatan Jambil Selatan Kota Jambi. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi. 1(2), 1-10.

Zakiyah E., Z., Fedryansyah, M., & Gutama, A., S (2018). Dampak Bullying Pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying. Jurnal Pekerjaan Sosial. 1(3), 265-279.




DOI: 10.24036/0781cons
10.24036/0781cons

Article Metrics

Abstract View : 70 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.