Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Siswa

Dwi Adyaksa Lathifah(1), Afrizal Sano(2*),

(1) Departemen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang
(2) Departemen Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang terlihat kurang bisa beradaptasi, lebih suka menyendiri, pendiam dan sulit diajak berkomunikasi. Hal ini dapat dipicu oleh kelemahan siswa dalam kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kepercayaan diri siswa, (2) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa, (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa. Jenis penelitian ini deskriptif korelasional, populasi penelitian siswa kelas XI dan XII SMAN 1 Kec. Kapur IX dengan sampel 199 orang siswa, instrumen yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kepercayaan diri siswa berada pada kategori tinggi, (2) penyesuaian diri siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri siswa dengan indeks korelasi 0,585 pada tingkat hubungan yang sedang.

Keywords

Kepercayaan Diri, Penyesuaian Diri

References

Agustiani, H. (2006). Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Fernanda, M.M, Sano, A, Nurfarhanah. (2012). “Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial Dengan Hasil Belajar”, Jurnal Ilmiah Konseling, 1, No. 1.

Gunarsa, D.S. (2000). Psikologi Praktis, Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Hasanah, A., Ilyas, A., & Afdal, A. (2018). Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 7(1), 1-8.

Hasmayni, B. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri remaja. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 98-104.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.

Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. 2018. Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79.

Pramudiastuti, N. K., & Firman, F. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prinsip Konstruktivisme untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–10.

Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku agresif siswa dari keluarga broken home. Konselor, 5(4).

Raudatussalamah, Wilson. & Purnama, D. B. (2007). Hubungan antara Pola Asuh Orangtua dengan Penyesuaian Diri Remaja Awal pada Masyarakat di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Jurnal Psikologi. Vol 3, No 2. Riau : Fakultas Psikologi ( UIN Sultan Syarif Kasim).

Sari, N. M., & Sano, A. (2021). Relationship of peer social interaction with emotional maturity. Journal of Health, Nursing and Society, 1(2), 27-32.

Syafitri, K., & Sukmawati, I. (2020). Self Adjusment of Early Adult Single Mothers in Sub-District Dua Koto, Pasaman District and its Implication for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(4).

Syahrin, M. A., Taufik, Yendi, F. M., & Yuca, V. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 4, 69–75.

Walgito, B. 2000. Psikologi Sosial : Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi Offset.

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 109-114.




DOI: 10.24036/0783cons
10.24036/0783cons

Article Metrics

Abstract View : 59 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.