Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Self Disclosure Siswa SMA N 4 Mandau

Vrida Apriliani(1*), Indah Sukmawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena masih rendahnya self disclosure siswa di sekolah. Dimana hal tersebut dapat berpengaruh negatif pada kualitas dan kuantitas pribadi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat (1) perbedaan self disclosure siswa pada kelompok eksperimen yang mengikuti layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving, (2) perbedaan self disclosure siswa pada kelompok kontrol yang mengikuti layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving, (3) perbedaan self disclosure siswa pada kelompok eksperimen yang diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving dengan kelompok kontrol yang diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok tanpa menggunakan teknik problem solving. Instrumen yang digunakan angket dengan mode skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yakni wilcoxon singed rank test untuk mengetahui perbandingan skor  pretest dan posttest. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadinya peningkatan self disclosure dalam layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving  efektif untuk meningkatkan self disclosure. Hal ini juga terlihat dari hasil uji wilcoxon singed rank test pada aplikasi SPSS dimana asymp.sig (2-tailed) pada kelompok eksperimen lebih kecil dari 0.05 (0,001<0,05), sedangkan asymp. Sig (2-tailed) pada kelompok kontrol sebesar 0,065 yang artinya lebih besar dari 0,05 (0,065 > 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik problem solving  efektif untuk meningkatkan self disclosure siswa di SMA N 4 Mandau.


Keywords

Self Disclosure, Problem Solving, Dan Bimbingan Kelompok

References

Aswida, W., & Syukur, Y. (2012). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. Konselor, 1(2).

Effendy, O.,U. 2009. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.

Firman, F. (2018). Efektivitas Layanan Informasi dengan Metode Problem Solving terhadap Peningkatan Kontrol Diri Siswa.

Hasanah, S., & Sano, A. (2020). Peer Conformity and Students Bullying Behavior and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 2(2).

Hariko, R. (2017). Landasan filosofis keterampilan komunikasi konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(2), 41-49.

Ifdil, I. (2013). Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 110-117.

Irdanelli., Neviyarni & Syahniar . (2015). Effectiveness Of Group Guidance To Increase Students's Self Confident. Konselor, 4(2).

Karneli, Y., & Neviyarni, S. (2018). The Implementation of Basic Counseling Technique in Elementary School For Helping The Development and Alleviating Student's Problems in West Pasaman District Education Office.

Minarsi, M., Nirwana, H., & Syukur, Y. (2017). Kontribusi motivasi menyelesaikan masalah dan komunikasi interpersonal terhadap strategi pemecahan masalah siswa sekolah menengah. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 1-14.

Pratiwi, S. W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 2(1).

Prayitno. (2015). Jenisi layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan Konseling Falkultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Padang.

Rakhmat, J. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 182-193.

Sari, M. N., Yusri, Y., & Sukmawati, I. (2015). Faktor penyebab perceraian dan implikasinya dalam Pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(1), 16-21

Setiadi E., M, Hakam K., A,& Effendi R. 2013. Ilmu Sosial Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: 10.24036/0797cons
10.24036/0797cons

Article Metrics

Abstract View : 41 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.