Hubungan Self Regulated Leraning dengan Perilaku Menyontek Siswa Pada Saat Ujian
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Keluarga dan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. Vol. VIII. No. 01, 17-27.
Agustian, W. Y., Firman, & Zikra. (2017). “Efektifitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa.” Artikel Ilmiah 1(1):1–10. doi:10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX.
Atikah, D., & Netrawati. (2023). Hubungan self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa saat ujian di SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Journal on Education 5(3), 5776- 5784.
Azhar, S. K., & Daharnis, I. S. (2013). Persepsi siswa tentang layanan informasi kesehatan reproduksi remaja yang diberikan guru BK SMAN 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 45-54.
Dewi, Y. S., & Nirwana, H. N. (2015). Token Economy (Hadiah) untuk penyelesaian tugas dalam layanan penguatan konten. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 15-21.
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief. Attitude, intention, and behavior: An introduction to theory and research. Reading, MA: Addison.Wesley.
Hanum, D., & Karneli, Y. (2021). Implementasi layanan bimbungan kelompok untuk meningkatkan self efficacy siswa yang berperilaku menyontek. Prophetic Guidance and Counseling Journal, 2(2), 61-70. doi:10.32832/PRO-GCJ.V212.4752.
Harahap, M., Netrawati., Nirwana, H., & Hariko, R. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan REBT untuk mengurangi perilaku menyontek siswa. Jurnal Educatio (Jurnal Pendidikan Indonesia) 8(2), 115-122.
Harsono. (2011). Etnografi Pendidikan sebagai Desain Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Muhammdiyah Surakarta.
Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388-394. https://doi.org/10.29210/30031579000.
Konadi, H., Mudjiran, & Karneli, Y. (2017). Efektifitas pendekatan rational emotive behavior therapy melalui bimbingan kelompok untuk mengatasi stres akademik siswa. Jurnal Konselor 6(4), 120-131.
Lestari. I. (2018). Pengaruh self-regulated learning, goal orientation dan variabel demografis terhadap perilaku menyontek pada siswa smk negeri 41 jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.
Mulyawati, H., Masturoh, I., Anwaruddin, I., Mulyati, L. Agustendi, S., & Tartila, T.S.S. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.
Muthohar, M. R., Supardi & Padmi D.Y. (2019). Hubungan self efficacy dengan perilaku menyontek siswa MTS Masaliki Huda tahunan Jepara. Jurnal Quanta Vol. 3 No. 3, September 2019.
Ningsih, E., Firman., & Erlamsyah. (2018). Efektivitas layanan penguatan konten melalui bimbingan kelompok belajar dalam mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian. Jurnal Neo Konseling, VV(N): pp. XX-XX, DOI:10.24036/XXXXXXXXXX-X-XX.
Pulungan, S. H., Firman. & Ahmad, R. (2018). Efektivitas layanan informasi menggunakan collaborative learning melalui facebook dalam peningkatan self regulated learning siswa. Artikel Ilmiah Bimbingan dan Konseling UNP 1(1), 1-10.
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno, Wibowo, M. E., Marjohan, Mugiyarso. H & Ifdil. (2018). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 516–532.
Subtikasari, Asri, and Neviyarni. 2019. “Content Mastery Services with Contextual Teaching and Learning Approaches to Improve Student Self Regulated Learning.” Jurnal Neo Konseling 1(1):1–6. doi: 10.24036/0082kons2019.
Sumarmo, U. (2006). Berpikir Matematik Tingkat Tinggi: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Siswa Sekolah Menengah dan Mahasiswa Calon Guru. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di Jurusan Matematika FMIPA. Universitas Padjadjaran Tanggal 22 April 2006.
Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah (berbasis integritas). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wati, I. M., Soebagjo, A. S., & Justitis, D. (2012). Self-Regulated Learning Siswa yang Menyontek (Survey pada Siswa Kelas X Di SMA N 52 Jakarta Utara Tahun Ajaran 2010/2011). Insight, 1(2), 100–104.
Widodo, D., & Alizamar. (2019). Relationship Between Academic Anxiety And Cheating Behavior On Students In SMP N 4 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1 (4).
Yovita, D., & Ahmad, R. (2019). Hubungan Konstrol Diri dengan Perilaku Menyontek Siswa. Ejurnal Inovasi Pembelajaran, 7(1), 1-8.
Zimmerman, B.J. (1990). Self regulated learning and academic achievement: an Overview. Educational Psychology, 25 (1), 3-7.
DOI: 10.24036/0800cons
Article Metrics
Abstract View : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.