Karakter Disiplin Siswa dan Implikasi Dalam Pelayanan Konseling

Mutiara Nabila H(1), Nurfarhanah N(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan bagi peranan nya dimasa yang akan datang. Dalam pelaksanaan proses pembelajaran, aturan yang berlaku di sekolah berupa penerapan disiplin siswa yaitu disiplin dalam berpakaian, kehadiran, pengaturan waktu untuk belajar dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Pada penelitian ini mengkaji terkait karakter disiplin siswa di SMA N 1 Kamang magek, dengan sampel sebanyak 100 orang, dan menggunakan instrumen angket karakter displin sebagai alat ukurnya dengan menggunakan skala likrt, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif, penelitian ini memperoleh hasil karakter disiplin siswa berada pada kategori sedang dengan persentasi 57 % hal ini menunjukan bahwa karakter disiplin siswa masih perlu di tingkatkan lagi, layanan Bimbingan dan Konseling merupakan suatu layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan karakter disiplin belajar siswa.


Keywords

Bimbingan dan Konseling, Karakter Disiplin Siswa

References

Adlya, S. I., Yusri, Y., & Sano, A. (2017). Kedisiplinan Siswa yang Diasuh oleh Wali.

Ardi, Z., & Hariko, R. (2014). Gambaran Kegiatan Belajar Siswa Sumatera Barat.

Firman & Nurmia, (2008). Upaya Sekolah dalam Penangguangan Agresivitas Remaha Di SMA Provinsi Sumatra Barat. Glia, 56 (14), 1552-1565.

Firman, F (2018). “Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif”. Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Fitri, Y.A, Firman, & Karneli, Y. (2016). Efektivitas Layanan dengan Pendekatan Role Playing untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa Kelas VII SMPN 3 Batusangkar. Jurnal Ilmiah Konseling.

Hariko, R. (2016). Ilmu bimbingan dan konseling, nilai dan kesejahteraan individu: Studi literatur. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(2), 118-123.

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. 2018. Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil terhadap hasil belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan ekonomi: Jurnal Ilmiah ilmu Pendidikan, ilmu Ekonomi Dan Sosial, 11 (2), 69.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (kuantitatif dan kualitatif).

Jakarta: GIP Press.

Lase, F., Nirwana, H., Neviyarni, N., & Marjohan, M. (2020). The differences of honest characters of students before and after learning with a model of learning of intelligent character. Journal of Educational and Learning Studies, 3(1), 41.

Neviyarni,N. (2012). Analisis Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Bimbbingan Konseling Dalam Perencanaan Layanan Bimbingan Belajar di SMAN 2 Padang.

Neviyarni,S. Token Economy (Hadiah) untuk Penyelesaian Tugas dalam Layanan Penguasaan Konten. 2015.

Nurfarhanah, N. (2018, October). Membangun Karakter dengan Terapi Positif. In SeminarKonseling 2017. Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Putri, S. R. 2019 Pengaruh bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan karakrer disiplin siswa kelas viii di smpn sungai tarab skripsi.

Prayitno & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP.

Redo Boro, M., Muderawan, I. W., & Suja. I. W. 2021. Hubungan motivasi belajar dan disiplin diri terhadap hasil belajar kimia. Jurnal pendidikan kimia undiksha, 5(1), 19. https://doi.org/10.238887/jjpk.v5i1.32405.

Zurniarti, Z., Alizamar, A., & Zikra. (2016). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik. Jurnal Konselor.




DOI: 10.24036/0804cons
10.24036/0804cons

Article Metrics

Abstract View : 34 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.