Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Atas

Mila Risnanda Wati(1), Herman Nirwana(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Prokrastinasi akademik adalah penundaan dalam mengerjakan tugas. Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kepercayaan diri siswa (2) prokrastinasi akademik siswa, serta (3) menguji dan menganalisis hubungan kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 1.153 siswa yang terdaftar di kelas X, XI dan XII SMA Negeri 2 Dumai pada semester Juli-Desember Tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel berjumlah 297 yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah “Daftar Isian Kepercayaan Diri” dan “Daftar Isian Prokrastinasi Akademik” dengan menggunakan skala model likert. Pengolahan data menggunakan teknik analisis korelasi Pearson Product Moment melalui program statistic statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20.0. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) kepercayaan diri siswa pada umumnya berada pada kategori rendah, (2) prokrastinasi akademik pada umumnya berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan prokrastinasi akademik dengan koefisien korelasi sebesar -0,327 dan signifikan 0.000.

Keywords: Kepercayaan Diri, Prokrastinasi Akademik

 


Keywords

Kepercayaan Diri, Prokrastinasi Akademik

References

Aini, Z., Nirwana, H., & Marjohan. (2018). Kontribusi penguatan guru mata pelajaran dan kepercayaan diri siswa terhadap keaktifan siswa dalam belajar. Jurnal Kajian Konseling dan Pendidik. 1 (1), 1-11.

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Why You Do It, What To Do About It. New York: Perseus Books Groups.

Ferrari, J,R., Johnson, J, L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Gunawinata, V. A. R., Nanik, & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol 23 (3): 256-276

Hamalik, Oemar. (2002). Psikologi belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ifdil, Emria, F., Zola, N. (2018). Profil kepercayaan diri Remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2(3), 107-113.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.

Iskender, M. (2011). The Influnce of Self Compassion on Academic Procrastination and and Dysfunctional Attitudes. Educational Research and Reviews Academic Journal. 6 (2): 230-234

Juliawati, D. (2014). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Studi S2 BK FIP UNP.

Putriani, L., Handayuni,T.S., Putri,Y.E., Ifdil. (2020). Kecemasan mahasiswateknik computer dan jaringan dan menghadapi ujian praktik kejuruan. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 8(3):123-128.

Munawaroh, M. L., Alhadi, S, & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2 (1), 2017, 26-31

Nasution, F. (2016). Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Kepercayaan Diri Siswa SMK 06 PAB Medan Estate. Skripsi. Tidak diterbitkan. Medan: Universitas Medan Area.

Neviyarni, & Monnalisza. (2018). Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan Aisyiyah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal penelitian Guru Indonesia: 3(2), 77-83.

Nitami, M., Daharnis & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, Vol. 4 (1), 1-12.

Permana, B. (2019). Gambaran prokrastinasi akademik siswa SMA Darul Falah Cililin. Fokus (kajian bimbingan & konseling dalam pendidikan) . 2(3), 87-94.

Prayitno & Amti, E (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (2012). Seri Layanan Konseling L1-L10. Padang: BK FIP UNP.

Reska, N & Taufik. (2019). Relathionship of Self Confidence and Academic Procrastination Students S1 Guidance and Counseling FIP UNP. Jurnal Neo Konseling. 1 (3).

Rosario, P. Costa, M. Nunez, J. C. Pienda, J.G. Solono, P. & Valle, A. (2009). Academic procrastination: associations with personal, school, and family variables. Journal of Psychology, 12, (1), 118-127.

Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiwa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3 No 2.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tanjung, R. F., Neviyarni, N., & Firman, F. (2018). Layanan informasi dalam peningkatan keterampilan belajar mahasiswa STKIP PGRI Sumatra Barat. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling. 3 (2) 155-164.

Ultaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe kepribadian dan prokrastinasi akademik pada siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi Esa Unggul. 10 (01), 127006.

Young, Kimberly. S. (2004). “Internet Addiction A New Clinical Phenomenon and Its Consequences. Journal St. Bonaventure University Center For Online Addiction American Behavioral Scientist. Vol 48(4).

Yusuf, A. M (2014). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press.

Yusuf, A. M. (2017). Metodologi Penelitian (Dasar-Dasar Penyelidikan Ilmiah). Padang: UNP Press.




DOI: 10.24036/0821cons
10.24036/0821cons

Article Metrics

Abstract View : 97 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.