Hubungan Self-Efficacy Karir dengan Perencanaan Karir Siswa di SMA Adabiah 2 Padang

Laura Rahmanesa Rihendry(1), Dina Sukma(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa siswa yang belum memiliki keyakinan dan bimbang terhadap kemampuan dirinya dalam mengambil keputusan terutama pada perencanaan karir. Kebimbangan dan ketidakyakinan tersebut mengakibatkan siswa kesulitas dalam merencanakan karir. Berkaitan dengan itu, terdapat beberapa faktor dalam merencanakan karir salah satunya yaitu self-efficacy karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-efficacy karir dengan perencanaan karir pada siswa SMA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Self-efficacy karir siswa SMA Adabiah 2 Padang berada pada kategori sedang dengan frekuensi 82 dan persentase 51%, (2) perencanaan karir siswa SMA Adabiah 2 Padang berada pada kategori sedang dengan frekuensi 75 dan persentase 47%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara self-efficacy karir dengan perencanaan karir siswa di SMA Adabiah 2 Padang dengan tingkat hubungan yang kuat.

 

 


Keywords

Self- efficacy karir, Perencanaan karir siswa

References

Bandura. 1997. Self-efficacy (the exercise of control). New York: W.H. Freeman

and Company.

Betz, N. E., & Hackett, G. 2006. Career self-efficacy theory: Back to the future. Journal of career assessment, 14(1), 3-11.

Dillard, J, M. 1987. Life Long Career Planning. New York: Mc. Milan Publishing.

Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. 2017. Persepsi siswa tentang kesesuaian perencanaan arah karir berdasarkan pilihan keahlian siswa sekolah menengah kejuruan. Konselor, 6(2), 74-82.

Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. 2013. Usaha yang dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).

Firman, F. 2018. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang : INA-Rxiv.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. 2016. Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Isra, F., Prayitno, P., & Karneli, Y. 2020. Hubungan motivasi siswa memilih sekolah terhadap perencanaan arah karier. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 7(2), 85-93.

Prayitno. 2018. Konseling Profesional Yang Berhasil. Depok: Raja Grafindo.

Siahaan, D. N. A., Iswari, M., & Afdal, A. 2020. Program Konseling Karir Di MAN 1 Medan. Tazkir: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 6(1), 19-34.

Sidiropoulou-Dimakakou, D., Mylonas, K., & Argyropoulou, K. 2015. Self-efficacy in career planning: a new approach to career exploration. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 11(2).

Sukma, D. 2018. Concept and application group guidance and group counseling base on Prayitno’s paradigms. Konselor, 7(2), 49-54.

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. 2017. Perencanaan karier siswa di SMA ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan. Jurnal Bikotetik (Bimbingan dan Konseling: Teori dan Praktik), 1(1), 8-14.

Supriatna, M. 2009. Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.

Yudiana, W, et al 2021. Efektifitas career decision-making course dalam upaya menanggulangi kesulitan siswa untuk mengambil keputusan karier. MEDIAPSI, 7(2), 95-106.

Yusuf, A. M. 2002. Kiat Sukses dalam Karier. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: 10.24036/0828cons
10.24036/0828cons

Article Metrics

Abstract View : 59 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.