Perbedaan Regulasi Diri Siswa dalam Mematuhi Tata Tertib Sekolah ditinjau dari Jenis Kelamin
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Azizah, A. (2013). Kebahagiaan dan Permasalahan di Usia Remaja (Penggunaan informasi dalam pelayanan bimbingan individual). Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 295-316.
Badan Pusat Statistik. (2022). Badan Statistik Kota Padang. Jumlah-Kejahatan-Yang-Dilaporkan-Menurut-Kepolisian-Resort-Di-Provinsi-Sumatera-Barat. Html&Psig=Aovvaw2xfbcnzlycpetpvuzynef2&Ust=1694164859030919&Opi=89978449
Cahyadi, F. (2019). Studi kasus perilaku menyimpang siswa di SD Negeri Gayamsari 01. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2).
Dewi, D. T. B., & Taufik, T. (2020). The relationship of self-regulation with obedience to school regulations. Jurnal Neo Konseling, 2(4).
Feist & Feist. (2013). Teori kepribadian, edisi ketujuh jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Ferdiansa, Geandra & Yeni Karneli. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847-853.
Firmansyah, J. (2018). KPAI: Tawuran Pelajar 2018 Lebih Tinggi Dibanding Tahun Lalu. Tempo.Co. Https://Metro.Tempo.Co/Read/1125876/Kpai-Tawuran-Pelajar-2018-Lebih-Tinggi-Dibanding-Tahun-Lalu.
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling , 2 (2), 84-92.
Intani, Citra Putri & Ifdil, I. (2018). Hubungan Kontrol Diri dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia 4(2).
Karina, N. K. G., & Herdiyanto, Y. K. (2019). Perbedaan regulasi diri ditinjau dari urutan kelahiran dan jenis kelamin remaja Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 849-858.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2021). Data Kasus Pengaduan Anak 2016 – 2020. KPAI. Https://Bankdata.Kpai.Go.Id/Tabulasi-Data/Data-Kasus-Pengaduan-Anak-2016-2020.
Kusaeri, K., & Mulhamah, U. N. (2016). Kemampuan Regulasi Diri Siswa dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 1(1), 31-42.
Manab, A. (2016). Memahami regulasi diri: Sebuah tinjauan konseptual. Jurnal 2nd psychology & humanity.
Novianti, N. (2014). Pengaruh gaya pengasuhan, motivasi, dan strategi pengaturan diri dalam belajar terhadap prestasi akademik remaja. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Purwaningsih, A. Y., & Herwin, H. (2020). Pengaruh Regulasi Diri dan Kedisiplinan Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 22-30.
Putra, P. (2022). Video Tawuran Remaja di Padang Tewaskan 1 Orang, Polisi Buru Pelaku.
Putri, N. A. & Mursyid. (2022). Hubungan Regulasi Diri dengan Disiplin Siswa di SMP Negeri 1 Linggo Sari Baganti (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Prihambodo, C. Z., Anwar, Z., & Andriany, D. (2020). Peran Regulasi Diri Terhadap Perilaku Cyberbullying. Psycho Holistic, 2(1), 108-117.
Rahman, F. A., Nirwana, H., & Putriani, L. (2023). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Kematangan Emosi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Counseling and Humanities Review, 3(1), 1-7.
Ramadhani, D. S., Ardimen, A., & Tanjung, R. F. (2022). Profil Regulasi Diri Siswa dan Implikasinya terhadap Konseling Religius. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1).
Ruminta, R., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2017). Perbedaan regulasi diri belajar pada siswa Sekolah Dasar kelas VI ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 286-294.
Sari, A. P. (2016). Self Regulated Learning dan Locus of Control Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya. Unpublished Dissertation. Padang: Program Studi S2 BK UNP.
Sari, A. P., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2016). Self Regulated Learning dan Locus Of Control Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Latar Belakang Budaya.
Sarwono, S. W. (2019). Psikologi Remaja.Jakarta : Rajawali Pers.
Suhendra, M., Neviyarni, S., & Ahmad, R. (2016). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Regulasi Diri siswa Membolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Payakumbuh serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(2), 124-132.
Suryosubroto. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan . Jakarta: Rineka Cipta.
Tisya, M. R. (2022). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Kenakalan Remaja Di SMA PGRI 1 Padang Tahun 2022. Doctoral dissertation, Universitas Andalas.
Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2013). Pelayanan Konseling untuk Remaja Putri Usia Pernikahan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 109.
Zimmerman & D. H. Schunk. (1989). Self-regulated learning and academic achievement: Theory, research, and practice. New York: Springer.
DOI: 10.24036/0830cons
Article Metrics
Abstract View : 29 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.