Hubungan Self Compassion dengan Resiliensi Akademik Siswa SMPN 1 Panti
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Dewasa ini siswa mengalami masalah resiliensi akademik sehingga berdampak pada pembelajaran akademik kedepannya. Kondisi ini dapat disebabkan rendahnya self-compassion. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan Self Compassion dan Resiliensi Akademik Siswa di SMPN 1 Panti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 405 orang siswa dengan sampel sebanyak 201 orang dengan teknik random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Untuk menganalisis hubungan Self Compassion dan resiliensi Akademik Siswa menggunakan rumus pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Self Compassion siswa secara umum berada pada kategori sedang yaitu 51.2% Sedangkan Resiliensi Akademik rendah yaitu 41,8%. Terdapat hubungan yang positif signifikan antara self compassion dengan resiliensi akademik siswa di SMP Negeri 1 Panti dengan koefisien korelasi 0,144 dengan nilai signifikansi sebesar 0,041.
Keywords
References
Arimitsu, A., & Hofmann, S. G. (2015). Effects of campassion thinking on negative emotions. Jurnal: Cognition and Emotion. Taylor & Francis Group
Bustam, Z. (2021). Sanse of humor, self-compassion, dan resiliensi akademikpada mahasiswa. Jurnal psikologi karakter, 1(1), 17-25
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Mesure. Journal: Frontires in psycology. 7: 1-11.
Firman. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Prograstinasi Akademik Siswa di Era New Normal di SMAN 2 Painan. Jurnal pendidikan tambusai. vol. 7, No 2.
Firman. (2023). The Relationship Between Peer Social Support and Student Academic Resilience. Jurnal
Hariko R. (2022). Kemampuan Resiliensi: Studi Kasus Dari Perspektif Ibu Tunggal . Jur. Ilm. Kel. & Kons., September 2022, p : 218-230.
Ifdil & Taufik. (2012). Urgensi Peningkatan dan Pengembangan Resiliensi Siswa di Sumatera Barat. Jurnal: Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2) 115-120
Ifdil. (2019). Resiliensi Pada Single Mother Setelah Kematian Pasangan Hidup. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling. 4(3),76-82.
Neff, K. D. (2003). Self-compassion: An alternative conceptualization of a healtly attitude toward oneself. Self and identiry, 2, 85-102
Neff, K. D., & McGehee, P. (2010). Self-compassipon and psychological resilience among adolescents and young adults. Self and Identity, 9(3), 225-240.
Nerrawati. (2023). Konseling Relitas Meningkatkan Resiliensi Diri Siswa: Literature Review. Journal: Educatio and Counseling. P-ISSN: 2775-9-9465
Nurfarhanah. (2014). Masalah-Masalah Yang Dihadapi Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan Dan Konseling. Konselor Volume 3. No.1.
Reivich, K., & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor: 7 Essential Skill For Overcoming Life’s Inevitable Obstaclas. Broadwey Books.
Rojas, F. (2015). Factors affecting academic resilience in middle school studen: A case study. Gist Education And Learningresearch journal. ISSN 1692-5777.
Sukmawati I. (2021). The Influence of Economic Pressures and Gender Roles to Family Resilience During Covid-19 Pandemic. Journal of Family Sciences .Vol. 06, No. 02, 140-154
Syukur Y. (2021). Effectiveness of Implementation of Individual Counseling Services in Schools in Increasing Student Resilience . Jurnal Neo Konseling Volume 3 Number 2.
Taufik. (2020). Resiliensi Anak Yang Pernah Berhadapan Dengan Hukum. : Social Work Jurnal. Vol.12. no.1: 34 – 44
Waxman, H. C., Gray, J.P. & Padron , Y.N. (2003). Review of Research on Educational Resilience (11). Santa Cruz: Center for Research on Educational Diversity and Excellence, University of California.
DOI: 10.24036/0856cons
Article Metrics
Abstract View : 128 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.