Gambaran Kebermaknaan Hidup Siswa SMA

Tsania Ardhita Pramesti(1*), Nurfarhanah Nurfarhanah(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Kebanyakan remaja pada saat ini merasakan kehidupan tidak bermakna, hampa, apatis, kehilangan minat dalam belajar dan ada rasa keputusasaaan. Hal ini merupakan gejala hilangnya kebermaknaan hidup remaja. Kebermaknaan hidup adalah kondisi individu yang menunjukkan seberapa besar individu dapat mengembangkan potensi dalam diri dan seberapa tinggi individu membuat hidupnya bermakna. Kebermaknaan hidup dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu 1) Kebebasan berkehendak, 2) Hasrat untuk hidup bermakna, 3) Makna hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebermaknaan hidup siswa. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 283 orang siswa SMAN 8 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kebermaknaan hidup siswa secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian layanan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kebermaknaan hidup siswa, yaitu layanan informasi, layanan konseling individu, dan layanan bimbingan kelompok.

 


Keywords

Kebermaknaan hidup, the meaning of life, siswa

References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17(2), 9-20

Amalia, M., Hidayah, N., & Fauzan, L. (2017). Meaning of Life Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Latar Belakang Budaya Samin. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 97–106.

Andani, Meri, Sano, & Sukmawati. (2017) Hubungan Antara Kualitas Komunikasi Orangtua Terhadap Anak dengan Happiness Remaja. PROCEDINGS ICES.

Bastaman. (2007). Logoterapi : Psikologi untuk Menenetukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Cholid, I., & Hakky, B. (2017). Bimbingan Pribadi Berdasarkan Profil Makna Hidup Peserta Didik Universitas Pendidikan Indonesia

Fernanda, Sano, & Nurfarhanah. 2012. Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Konseling. Vol 1 (1)

Fidiawati, L., Firman, F., & Solfema, S. (2020). Development of Group Counseling Guidelines for Student Self Control Improvement in Prevention of Drug Abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 24–31

Fitri, E., Ifdil., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92

Fitri Suciati. (2021). Pengaruh Perilaku Prososial terhadap Kebermaknaan Hidup Pada Dewasa Awal. Skripsi Fakultas Psikologi UIR

Frankl, V.E. (1977). Man's Search for Meaning ; an introduction to logotherapy. Translated by use lasch. Boston : Beacon Press

Hidayanti, S. F., & Ja’far, M. (2016). Keefektifan self instruction dan cognitive restructuring. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 65–73.

Mazaya, K. N., & Supradewi, R. (2011). Konsep Diri Dan Kebermaknaan Hidup Pada Remaja Di Panti Asuhan. Proyeksi, 6(2), 103.

Nirwana, H., P. & S. (2022). Penggunaan Layanan Informasi untuk Meningkatkan Meaning of Life dan Kebersyukuran Hidup Peserta Didik. Jurnal Bening. 6 (2)

Prayitno & Amti, Erman. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Putra, S. A., Daharnis, & Syahniar. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2.

Ria, E. L. (2013). Hubungan Antara Kebermaknaan Hidup dengan Kemandirian Remaja.

Santrock, Jhon W. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas. Jakarta : Erlangga.

Santrock, Jhon W. (2012). Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sari, E. (2019). Hubungan Antara Kebermaknaan Hidup dengan Psychological well being (PWB) pada SMK Taruna Satria Pekanbaru. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Silvia Rahmelia. (2020) Hubungan Kebermaknaan Hidup dan Sikap Toleransi Beragama Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Keagamaan di Palangka Raya. Jurnal Dialog Kemenag, 43 (1)

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri , T.N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Purwokerto

: IRDH.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Grafindo Persada.

Yarmis, Neviyarni & Justitia. (2021). Studi Meta Analisis Kebermaknaan Hidup Single Parent. Psychocentrum Review. 3 (1)




DOI: 10.24036/0863cons
10.24036/0863cons

Article Metrics

Abstract View : 66 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.