Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan Diri Peserta Didik dan Implikasinya dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Putri Syafira Rahmi(1*), Neviyarni S(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Fenomena kondisi kepercayaan diri peserta didik yang tergolong rendah dilihat dari gejala-gejala yang tampak diantaranya peserta didik yang cenderung menutup diri, tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, ragu-ragu saat berbicara di depan kelas, diam saat ditunjuk guru untuk maju ke depan kelas, tidak percaya diri dengan keputusannya. Jika peserta didik mempunyai kepercayaan diri yang tergolong rendah akan berdampak terhadap penghambatan pencapaian tujuan hidup peserta didik di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik di SMA Negeri 1 Batipuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini terdiri dari 229 peserta didik yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini skala faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengolahan data menggunakan bantuan Statistical Produs and Service Solution (SPSS) versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri peserta didik secara keseluruhan berada pada kategori sedang. Untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling berkaitan dengan: pemahaman tentang pentingnya memiliki kepercayaan diri, dampak yang ditimbulkan dari kurangnya kepercayaan diri dan cara meningkatkan kepercayaan diri.


References

Angelis, B. D. (1997). Percaya Diri: Sumber Sukses dan Kemandirian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Elsa. (2019). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa SMP yang diberi Label Negative Melalui Bimbingan Kelompok. Skripsi. Tidak diterbitkan. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektifitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Metode Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Hurlock, E. B. (1991). Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.

Ifdil, I., Denich, A. U., & Ilyas, A. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(3), 107-113.

Longkutoy, N., Sinolungan, J., & Opod, H. (2015). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kepercayaan Diri Siswa SMP Kristen Ranotongkor Kabupaten Minahasa. Jurnal e biomedik, 3(1), 93-99.

Monnalisza & Neviyarni S. (2018). Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan Aisyiyah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(2), 77-83.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UNP.

Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Singgih, Y. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Sriyono, H. (2017) Efektivitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Research and Development Journal of Education, 4(1), 23-43.

Sukma, D. (2022). Analisis Harga Diri dan Kecemasan Sosial pada Remaja Akhir. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 676-685.

Syukur, Y., Neviyarni., & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH Book Publisher.

Ulya I., Neviyarni S., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68-74.

Wiranatha, F. & Supriyadi. (2015). Hubungan antara Citra Diri Tubuh dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Pelajar Putri di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 2(1), 38-47.

Zarniati, Alizamar & Zikra. (2016). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Kegiatan Belajar Peserta Didik. Konselor. 3(1).




DOI: 10.24036/0880cons
10.24036/0880cons

Article Metrics

Abstract View : 52 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.