Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Asertif Siswa
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your Perfect Right. California: Impact Publishers. Asysyura, S., & Rizal, G. L. (2020). Perbedaan Asertivitas Remaja Minang Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 15(2), 120-130. Daulay, A. A., Daharnis, D., & Afdal, A. (2021). Optimalisasi Perilaku Asertif Melalui Media Modul Bimbingan dan Konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 27-35. Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Devita, Y. (2019). Prevalensi Masalah Mental Emosional Remaja Di Kota Pekanbaru. Jurnal Keperawatan Priority, 1(2), 33–43.
Gandadari, N. (2015). Pengaruh Asertivitas dan Kematangan Emosi terhadap Perilaku Kenakalan Remaja pada Siswa SMSR Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6).
Goleman, D. (2001). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Alih bahasa Alex Tri kantjono Widodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hurlock, E.B. (1980). Psikologi Perkembangan suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidiyanti dan Soedjarwo. Jakarta: Airlangga. Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370-1377.
Kartono, K. (1999). Kamus Lengkap Istilah Psikologi (edisi revisi). Jakarta: PP.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 6-10. Nasruddin, I. (2018). Emosi dan Aspeknya. Journal Pendidikan, 2, 1-16.
Paramitasari, R., & Alfian, I.N. (2012). Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Memaaf-kan pada Remaja Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Surabaya:Vol. 1, No. 02.
Qazi, U., & Perveen, A. (2015). Study Of Relationship Between Mental Health And Assertiveness Among Adolescents. The International Journal Of Indian Psychology, 3(1, No. 5).
Santrock, J. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (alih bahasa Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Erlangga.
Sarwono, Sarlito. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers. Sukma, D. (2018). Concept and application group guidance and group counseling base on Prayitno’s paradigms. Konselor, 7(2), 49-54.
Syukur, Y., Neviyarni, S., & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.
Vagos, P., & Pereira, A. (2010). A Proposal For Evaluating Cognition In Assertiveness. Psychological Assessment, 22(3), 657–665. Https://Doi.Org/10.1037/A0019782.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.
Yusuf, Syamsu LN. (2007).
DOI: 10.24036/0882cons
Article Metrics
Abstract View : 93 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.