Hubungan antara Persepsi tentang Organisasi dengan Minat Berorganisasi pada Mahasiswa
(1) Universitas Negeri padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya fenomena yang terjadi di Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP yaitu rendahnya minat mahasiswa mengikuti kegiatan organisasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP tentang organisasi (2) mendeskripsikan minat berorganisasi mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP (3) menguji hubungan antara persepsi tentang organisasi dengan minat berorganisasi pada mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNP sebanyak 93 orang mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan metode skala likert. Data diananalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan menggunakan rumus statistik untuk melihat hubungan persepsi tentang organisasi dengan minat berorganisasi pada mahasiswa dengan menggunakan analisis Statistik Startified Propotional Random Sampling dengan Statistical Program for Social Science (SPSS) versi 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) persepsi tentang organisasi dilihat dari aspek kognisi, afeksi, dan konasi/psikomotor pada umumnya berada pada kategori positif, (2) minat berorganisasi dilihat dari aspek kognitif dan afektif pada umumnya berada pada kategori tinggi, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi tentang organisasi (X) dengan minat berorganisasi pada mahasiswa (Y) dengan nilai korelasi 0,821 pada taraf signifikansi 0,000% pada tingkat hubungannya yang sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan yang dapat digunakan untuk meningkatkan lagi minat berorganisasi pada maahsiswa, yaitu layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, dan penguasaan konten.
Keywords
References
Ardi, M. (2011). Hubungan Antara Persepsi Terhadap Organisasi Dengan Minat
Berorganisasi Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Skripsi.
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
As’ad, Muh. (2008). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty.
Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran
matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia.4(1), 6-11.
Hurlock, B, Elizabeth. (2004). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Pernando, D. (2010). Perbedaan Aspek yang Mempengaruhi Minat Beroganisasi
antara Kepribadian Tipe A dengan Tipe B anggota Komunitas Mahasiswa. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Pertiwi, M. C., Sulistiyawan, A., Rahmawati, I., & Kaltsum, H. U. (2015).
Hubungan organisasi dengan mahasiswa dalam menciptakan leadership.
Prayitno & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta:
Rineka Cipta.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional yang Berhasil. Jakarta: Rineka Cipta.
Rakhmat, Jalaluddin. (1996). Psikologi Komunikasi. Edisi kesepuluh. Bandung:
Rosdakarya.
Robbins, Stephen P.(1999). Perilaku Organisasi. Jakarta: Erlangga.
Suharyat Yayat. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia.
Volume I. No. 2. Universitas Islam “45” Bekasi.
Sukada dkk. (2013). Konstribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan
Kecerdasan Logis Matemetika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Padjajaran.
Sukma, D. (2018). Rujukan konsep bimbingan kelompok dan konseling kelompok
karya Prayitno. Konselor, 7(2), 49–54.
Walgito, Bimo. (2004). Psikologi Sosial. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Winardi. (2007). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24036/0883cons
Article Metrics
Abstract View : 88 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.