Gambaran Body Image pada Mahasiswa Baru

Raliza Afifa Chaniago(1*), Rezki Hariko(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Mahasiswa merupakan sebutan bagi individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi yang terdiri dari akademik, sekolah tinggi dan yang paling umum di universitas. Umumnya usia mereka berkisar antara 18-25 tahun dan kisaran usia tersebut merupakan usia dewasa awal. Pada masa dewasa awal ini terjadi perubahan-perubahan baik secara fisik, biologis maupun psikologis dan sosial. Salah satu fase dari perubahan pada mahasiswa yaitu perubahan fisik, ditandai dengan penampilan bentuk tubuh yang dianggap sebagai standar wajib yang diperhatikan oleh orang lain. Ketidakpuasan seseorang terhadap tubuh yang dimiliki dapat mempengaruhi terjadinya citra tubuh (body image). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran body image mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Responden penelitian adalah mahasiswa baru FIP UNP tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 329 mahasiswa yang dipilih dengan teknik propotional random sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan skala body image mahasiswa yang disusun berpedoman pada model skala likert. Data yang terkumpul diolah menggunakan analisis deskriptif dengan bantuan program Microsoft Exel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum body image mahasiswa FIP UNP berada pada kategori sedang. Artinya, mahasiswa FIP UNP masih ada beberapa yang penilaian mengenai dirinya tinggi maupun rendah. Pembahasan fokus pada aspek-aspek body image dan implikasi terhadap layanan bimbingan dan konseling.


Keywords

Body image, Mahasiswa

References

Agustina, L., Daharnis, D., & Hariko, R. (2019). Peran konselor dalam meningkatkan disiplin siswa: tinjauan berdasarkan persepsi siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 15–22.

Alidia, F. (2018). Body image Siswa Ditinjau Dari Gender. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (02), 79-92. DOI: 10.32939/tarbawi.v14i2.291

Dharma, S. (2009). Manajemen kinerja falsafah teori dan penerapannya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Firman, F., Karneli, Y., & Hariko, R. (2018). Improving Students’ Moral Logical Thinking and Preventing Violent Acts Through Group Counseling in Senior High Schools. Advanced Science Letters, 24(1), 24–26.

Gayatri. (2011). Women Guide (Buku Cerdas Untuk Perempuan). Ciganjur-Jagakarsa, Jakarta Selatan: Gagas Media.

Gunawan, R., & Anwar, A. (2012). Kecemasan Body image Pada Perempuan Dewasa

Tengah yang Melakukan Bedah Plastik Estetik. Jurnal Psikologi, 10 (2),58-66. Retrieved from https://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/psiko/article/view/1477.

Harahap, M., Netrawati, N., Nirwana, H., & Hariko, R. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok dengan pendekatan REBT untuk mengurangi perilaku menyontek siswa.

Hariko, R. (2016). Ilmu Bimbingan dan Konseling, Nilai dan Kesejahteraan Individu: Studi Literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123.

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p041

Hariko, R. (2018). Are High School Students Motivated to Attend Counseling? COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(1). https://doi.org/10.23916/0020180312210

Hariko, R. (2020). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Agentik untuk Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Sekolah Menengah Pertama. Universitas Negeri Malang.

Hariko, R. (2021). Bimbingan Kelompok Agentik: Model Peningkatan Perilaku Prososial Siswa. Literasi Nusantara.

Hariko, R., Hanurawan, F., Ramli, M., Afdal, A., Lestari, M., Fikri, M., & Suri, G. D. (2023). Towards an Effective Agentic Group Guidance Model to Improving the Prosocial Behavior of Minangkabau Adolescents. Journal for ReAttach Therapy and Developmental Diversities, 6(6s), 198–208.

Hariko, R., Nirwana, H., Fadli, R. P., Ifdil, I., Hastiani, H., & Febriani, R. D. (2021). Students’ motivation to attend group guidance based on gender and ethnic. International Journal of Research in Counseling and Education, 5(1).

Heryati, Y & Mumuh, M. (2014). Manajemen sumber daya pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Megumitama, M. (2019). “Pengaruh body image terhadap self esteem pada mahasiswa baru fakultas psikologi Universitas Islam Aulana Malik Ibrahim Malang”. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Nofiani, D., & Hariko, R. (2023). Interest Of Student SMPN 1 Painan Following Individual Counseling. Current Issues in Counseling, 1(1).

Putri, T. A. (2015). Hubungan antara body image dengan kepercayaan diri dengan citra tubuh diri pada remaja akhir. Jurnal SPIRITS. 4(2), 22-32.

Prayitno, P. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Ramadhani, A. F., & Hariko, R. (2022). Subjective Well-Being siswa pengguna Tiktok berdasarkan perbedaan intensitas penggunaan. Counseling and Humanities Review, 2(1), 1–6.

Samosir, D. T. P. dan D. R. S. (2015). DIRI PADA REMAJA AWAL KELAS VII. 4(April), 14–19.

santrock, J. W. (2012). Life-span development, edisi ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Setyaningsih, C.B. (2013). Hubungan antara citra tubuh dan penerimaan diri. Skripsi: Unversitas Negeri Yogyakarta.

Syifa, R. S., & Pusparini. (2018). Persepsi Tubuh Negatif Meningkatkan Kejadian Eating Disorders Pada Remaja Usia 15-19 tahun. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 1(1) 18- 25. DOI: 10.18051/JBiomedKes.2018.v1.18-25.

Thompson. (2000). Body image, eating disorder and obesity integrative guide for asesment and treatment. Washington: American Psychological Association.

Yusuf, S., & Nurihsan, A. J. (2012). Landasan Bimbingan & Konseling Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zaini, M. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa: Masalah Psikososial di Pelayanan Klinis dan Komunitas. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: 10.24036/0887cons
10.24036/0887cons

Article Metrics

Abstract View : 87 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.