Prokrastinasi Akademik Siswa, Keterampilan Belajar

Muharahman Muharahman(1*), Daharnis Daharnis(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hubungan keterampilan belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan keterampilan belajar siswa, (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, (3) mendeskripsikan hubungan keterampilan belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 10 Padang yang tersebar pada kelas X (Fase E), XI (Fase F) dan XII yang berjumlah 1106 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 378 orang siswa yang diambil dengan teknik stratified random sampling . Instrumen yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dengan skala model Likert . Data dianalisis menggunakan bantuan statistik deskriptif-korelasional dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) keterampilan belajar siswa berada pada kategori tinggi, (2) prokrastinasi akademik siswa umumnya berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara keterampilan belajar dengan prokrastinasi akademik siswa; keterampilan belajar berkontribusi sebesar 4% terhadap prokrastinasi akademik siswa.


Keywords

Prokrastinasi Akademik Siswa, Keterampilan Belajar

References

Ami., & Yunanta (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik pada Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 04 (1).

Ardi, Z., Daharnis, Yuca. V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring The Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58 (1).

Burka, J. B & Yuen, L.M. (2015). Procrastination: why You Do it and What to Do About it?. Reading, MA: Addison-Wesley.

Dayantri, S & Netrawati. 2023. Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3).

Elliott, Kratochwill, Littlefield Cook, & Travers. (2000). Psikologi Pendidikan : Pengajaran Efektif, Pembelajaran Efektif, Edisi Ketiga. Singapura : McGraw-Hill.

Endriani, Nihil & Syukur Y. 2015. Kesiapan Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konselor, 4(3).

Ferrari, Johnson, & McCown. (1995). Procrastination And Task Avoidance Treatment : Plenum Press.

Hamim, S. (2018). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMA Muhammadiyah Kota Kediri. Jurnal Simki-Pedagogia, 02 (3).

Iskender, M. (2011). The Influnce of Self Compassion on Academic Procrastination and and Dysfunctional Attitudes. Educational Research and Reviews Academic Journal, 6 (2).

Kristy, D. Z. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1).

Mudjiran. 2017. Pengembangan Model Penugasan Terstruktur Kepada Siswa Edisi Revisi 1. Padang: Sukabina Press.

Mulyana, S. 2018. Prokrastinasi Akademik dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 8(1)

Munawaroh, M. L., Alhadi, S, & Saputra, W. N. E. (2017). Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2 (1).

Nanik. (2022). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima, Indonesian Psychological Journal, 23 (3).

Nitami, M., Daharnis & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 4 (1).

Permana, B. (2019). Gambaran prokrastinasi akademik siswa SMA Darul Falah Cililin. Fokus (kajian bimbingan & konseling dalam pendidikan), 2(3).

Prayitno. (2002). Seri Latihan Keterampilan Belajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan Manajemen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Setyawan & Iswara. (2014). Hubungan Self Management dan Self Competence dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Instalasi Listrik SMK 2 Yogyakarta. Jurnal Universitas Negeri Jakarta.

Silvi. (2016). Hubungan Prokrastinasi Siswa dalam Belajar dengan Stres Akademik. Skripsi tidak diterbitkan. Padang: UNP.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafni, S., Syukur, Y., & Ibrahim, I. (2013). Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(2).

Ultaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012). Tipe kepribadian dan prokrastinasi akademik pada siswa SMA “X” Tangerang. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 10 (01).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0897cons
10.24036/0897cons

Article Metrics

Abstract View : 28 times
PDF : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.