Hubungan Penugasan oleh Guru dengan Prokrastinasi Akademik Siswa

Rizka Salsabila Bakhtra(1*), Daharnis Daharnis(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan hubungan penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan penugasan oleh guru, (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, (3) mendeskripsikan hubungan penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini deskriptif-korelasional dan populasi penelitian adalah siswa kelas X (Fase E), XI, (Fase F), dan XII SMAN 10 Padang Tahun Pelajaran 2023/2024 sebanyak 1106 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 378 siswa diambil melalui teknik Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala model Likert.  Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif-korelasional dengan bantuan SPPS 20. Hasil penelitian mengungkapkan: (1) penugasan oleh guru berada pada kategori baik (2) prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara penugasan oleh guru dengan prokrastinasi akademik siswa. Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling terutama pada bidang belajar.


References

Ackerman, D., & Gross, B. (2005). My Instructor Made Me Do It: Task Characteristics of Procrastination. Journal of Marketing Education, 27(1), 5-13.

Alizamar. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.

Ardi, Z., Daharnis, Yuca, V., & Ifdil. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in the Social Science Research. Psychology and Education, 58(1), 4109-4115.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ferrari, J. R. (2010). Still Procrastinating? The No-Regrets Guide to Getting It Done. New Jersey: Wiley & Sons.

Hidayati, N., & Aulia, L. (2019). Flow Akademik dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi, 6(2), 128-144.

Kartikasari, W., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan Self-Regulated Learning dan Dukungan Orang Tua terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388-394.

Mudjiran. (2017). Pengembangan Model Penugasan Terstruktur kepada Siswa Edisi Revisi 1. Padang: Sukabina Press.

Neni, E., Neviyarni, & Nirwana, H. (2022). Studi Literatur: Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 350-359.

Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 4(1), 1-12.

Panzola, N. F., & Taufik, T. (2022). Hubungan Konfirmitas Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di Era New Normal. JAIPTEKIN Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 6(2), 46-51.

Rahmanisa, R., Marjohan, Netrawati, & Sukma, D. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Fatigue dengan Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 6(1), 233-242.

Rumiani. (2010). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponogoro, 3(2), 37-48.

Rustam, A., Masyur, A., Hanim, W., & Marjo, H. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Konseling Self-Management untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik (Sebuah Rancangan Awal Penelitian Pre-Eskperimen). Jurnal Suloh, 4(2), 7-14.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Steel, P. (2007). The Nature of Procrastination: A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65-94.

Yulmi, D., & Neviyarni. (2020). Relationship between Academic Self-Efficacy and Student Procrastination of BK FIP in Completing the PLKP-S Report. Jurnal Neo Konseling, 2(3), 1-9.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Zacks, S., & Hen, M. (2018). Academik Interventions for Academic Procrastination: A review of the Literature. Journal of Prevention and Intervention in the Community, 46(2), 117-130.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0901cons
10.24036/0901cons

Article Metrics

Abstract View : 91 times
PDF : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.