Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Remaja di Panti Asuhan

Dahlya Alfian(1*), Frischa Meivilona Yendi(2), Nurfarhanah Nurfarhanah(3), Rahmi Dwi Febriani(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana perencanaan karir
remaja di panti asuhan sebelum diberikan layanan informasi (2) mengetahui bagaimana perencanaan karir remaja di panti asuhan sesudah diberikan layanan informasi (3) mengetahui bagaiamana perencanaan karir remaja di panti asuhan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampel penelitian ini sebanyak 22 remaja yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) perencanaan karir. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) Tingkat
perencanaan karir remaja sebelum diberikan layanan informasi sebesar 58,06% berada pada kategori sedang, (2) Tingkat perencanaan karir remaja setelah diberikan layanan informasi sebesar 76,24% berada pada kategori tinggi, (3) Perbedaan perencanaan karir remaja sebelum dan setelah diberikan layanan informasi berdasarkan uji-t didapatkan sebesar 26,36, artinya layanan informasi efektif untuk meningkatkan perencanaan karir
remaja.


References

Azizah, I. (2021). Pola Pembentukan Kepribadian Dan Karakter Anak Asuh Panti Asuhan. Prosiding Seminar Nasional Kelompok Bidang Keahlian Adp, 80.

Falentini, F. Y., Taufik., & Mudjiran. (2013). Usaha yang Dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan -hambatan yang Ditemui. Jurnal Ilmiah Konseling 2(1), 210-216.

Fauziah. (2021). Puzzle Education Bimbingan Konseling Smp Kelas Ix. Bogor: Guepedia.

Fitri, E., Neviyarni., & Ifdil. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(2), 84-92.

Hidayat, H., Yusri., & Ilyas, A. (2015). Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru Bk. Konselor4(4), 196-199.

Isra, F., Prayitno., & Karneli, Y. (2020). Hubungan Motivasi Siswa Memilih Sekolah Terhadap Perencanaan Arah Karir. Jurnal Kopasta, 7(2), 85-93.

Khaira, I. Firman, & Neviyarni. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Anak Asuh Di Panti Asuhan Wira Lisna Padang. Jurnal Bikotetik 1(1), 0-36.

Latif, A.,Yusuf, M., & Effendi, M. (2017). Hubungan Perencanaan Karir Dan Efikasi Diri Dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Konselor 6(1), 29-38.

Nengsih, Firman, & Iswari, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa Sma Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Konselor 3(4), 1412-9760.

Prayitno., & Amti, E. (2015). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sandowil, O., Yusuf, A.M., & Afdal. (2021). Bimbingan Karir Dan Pendidikan Karir Dalam Trait And Factor. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3005-3013.

Sari, I. P., & Yendi, F. M. (2018). Peran Konselor dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Disabilitas Fisik. Schulid: Indonesian Jurnal of School Cunseling, 3(3), 80-88.

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wati, D. A. A. (2022). Penerapan Bimbingan Karir Pendekatan Trait And Factor Dalam Membantu Perencanaan Karir Remaja Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Al Iman Wuluhan Jember. Jember: Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Dakwah.

Zona, M.A., & Zulva, Y. (2022). Perencanaan Karir Bagi Siswa Seklah Menengah Kejuruan. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat . 22(2), 242-250.

Zuraida. (2022). Meningkatkan Konsep Diri Positif Dalam Strategi Perencanaan Karir Pada Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma,

(2), 133-141.




DOI: 10.24036/0903cons
10.24036/0903cons

Article Metrics

Abstract View : 53 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.