ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI MODEL PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Vina Elviana Elviana(1*), Putri Dwi Sundari(2),

(1) Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Padang
(2) Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Perkembangan zaman menjadi tantangan bagi kita dalam mengembangkan kemampuan abad 21 untuk menghadapi era globalisasi sekarang ini. Salah satu kemampuan yang penting untuk ditingkatkan adalah kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKPD terintegrasi model predict observe explain (POE) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 6 Solok Selatan, Subyek penelitian ini ada 2 yaitu guru fisika dan 48 siswa kelas XI MIPA SMAN 6 Solok Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes kemampuan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data ada 3 yaitu lembar panduan wawancara guru, angket analisis kebutuhan siswa dan soal tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil yaitu: 1) Analisis kebutuhan awal dimana karakteristik peserta didik berada pada kategori cukup dengan persentase 66%, proses pembelajaran fisika berada pada kategori baik dengan persentase 78%, pemahaman materi siswa masih rendah, kemampuan berpikir kritis siswa dalam kategori sangat rendah dengan rata-rata nilai yang didapatkan adalah 35,64 dan sebanyak 83% siswa membutuhkan LKPD cetak yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.


Keywords

LKPD, Model POE, Kemampuan Berpikir Kritis

References

S. Y. Sari, P. D. Sundari, F. U. Jhora, and H. Hidayati, “Studi Hasil Bimbingan Teknis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad-21 dalam Rangka Penerapan Program Merdeka Belajar,” J. Eksakta Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 189, 2020, doi: 10.24036/jep/vol4-iss2/527.

P. D. Sundari and D. Sarkity, “Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor dalam Pembelajaran Fisika,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 4, no. 2, p. 149, 2021, doi: 10.24014/jnsi.v4i2.11445.

H. A. Alismail and P. McGuire, “21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice,” Behav. Sci. (Basel)., vol. 12, no. 2, pp. 150–155, 2022, doi: 10.3390/bs12020038.

P. D. Sundari, Parno, and Kusairi Sentor, “Students’ Critical Thinking Ability In Integrated Learning Model,” J. Kependidikan, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2018, doi: https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.13761.

S. Zubaidah, “Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” 2nd Sci. Educ. Natl. Conf., no. April, pp. 1–18, 2018.

P. a. Facione, Critical Thinking : What It Is and Why It Counts, no. ISBN 13: 978-1-891557-07-1. 2011. [Online]. Available: https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF

W. Arini and F. Juliadi, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Fisika Untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Lubuklinggau, Sumatera Selatan,” UAD J. Manag. Syst., vol. 10, no. 1, pp. 1–11, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/295346641.pdf

L. Husnita and W. Saputri, “Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 7, no. 1, pp. 21–29, 2023, doi: 10.33369/diklabio.7.1.21-29.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Yogyakarta:Diva Press, 2011.

C. Aldila, A. Abdurrahman, and F. Sesunan, “Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa,” J. Pembelajaran Fis. Univ. Lampung, vol. 5, no. 4, pp. 85–95, 2017.

A. Prastowo, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Yogyakarta:Diva Press, 2015.

Y. Haryonik and Y. B. Bhakti, “Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Matematika Realistik,” J. Mat. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, pp. 40–55, 2018, doi: 10.24252/mapan.2018v6n1a5.

E. Yulianto, A.Sopyan, and A. Yulianto, “Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kognitif Fisika SMP,” UPEJ (Unnes Phys. Educ. Journal), vol. 3, no. 3, pp. 1–6, 2014.

Y. P. Suyanto, H. Susanto, and S. Linuwih, “Keefektifan Penggunaan Strategi Predict-Observe-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 16–25, 2012.

V. Puspita and I. P. Dewi, “Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 86–96, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i1.456.

Kemendikbud, Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Jakarta: DPSMA, 2017.

P. D. A. Putra, “Real life video evaluation with e-learning system to improve critical thinking skills student,” J. Kependidikan, vol. 45, no. 1, pp. 76–89, 2015, doi: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7187.

B. Permatasari, D. P. Nyeneng, and I. Wahyudi, “Pengembangan LKPD Berbasis POE untuk Pembelajaran Fisika Materi Momentum dan Impuls SMA,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 1, pp. 69–81, 2018, doi: 10.23960/jpf.v6.n1.201807.




DOI: 10.24036/0954cons
10.24036/0954cons

Article Metrics

Abstract View : 27 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.