Perilaku inovatif guru dalam pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang

Fauzatul Fauza(1*), Nurhizrah Gistituati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamata yang peneliti lakukan dibeberapa SMK Negeri Kota Padang, terlihat bahwa perilaku inovatif guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat perilaku inovatif  guru dalam proses pembelajaran yang mencakup merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi. Ada 3 (tiga) pertanyaan yang dijawab dalam penelitian ini, yaitu: 1) seberapa baik perilaku inovatif guru dalam merencanakan pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang; 2) seberapa baik perilaku inovatif  guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri Kota padang; 3) seberapa baik perilaku inovatif  guru dalam mengevaluasi pembelajaran di SMK Negeri Kota Padang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi adalah seluruh guru SMK Negeri Kota Padang yang berjumlah 818 orang. Dengan sample 135 orang. Besarnya sampel ditentukan dengan menggunakan Cluster random sampling yaitu dengan sistem undian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan model skala likert tentang perilaku inovatif guru dalam proses pembelajaran yang berjumlah 30 item. Sebelum angket tersebut digunakan sudah terlebih dahulu di uji validitas dan reabilitasnya. Data yang terkumpul di olah dengan mencari skor rata-rata dan tingkat capaian rata-rata.

  Dari hasil pengolahan tersebut diperoleh bahwa perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota padang dari aspek inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dalam eksplorasi ide pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut hasil penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.28 dengan TCR (85.59%) kategori baik. Perilaku inovatif guru di SMK Negeri Kota Padang dilihat dari dimensi menghasilkan ide dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.14 dengan TCR (82.74%). Inovatif  guru di SMK Negeri Kota Padang di lihat dari dimensi implementasi ide guru dalam pembelajaran (merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran). Menurut penilaian guru skor rata-rata yaitu 4.19 dengan TCR (83.80%) berada pada kategori baik.

 

Berdasarkan hasil penelitian penulis dapat ditarik kesimpulan bahwa 3 indikator dari 3 sub variabel yang penulis teliti mencapai kriteria baik dengan skor rata-rata 4,20.


Keywords

Inovatif guru

References

Ariani, d. Saputri, P. Suhendar, IA. (2020). Jurnal JIMT: Pengaruh disiplin kerja, iklim organisasi dan

komitmen organisasi terhadap produktivitas kerja guru. 1(3), 268–279.

Dakhra, A. S., Gistituati, N., & Marsidin, S. (2021). Persepsi Siswa terhadap Disiplin Kerja Guru di Sekolah

Menengah Kejuruan ( SMK ) Negeri 8 Padang. 2(1), 23–29.

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerj Karyawan. 5(1)

Mulyadi, D. (2015). Perilaku organisasi dan kepemimpinan pelayanan. Bandung: Alfabeta.

Nellitawati (2012). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan: Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap

Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang. 12(2), 24-31

Novita, L., & Gistituati, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan , Hubungan Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik

Terhadap Disiplin Kerja Karyawan. 6(2), 15881–15890.

Ratnasari,. Girsang,. Ariyat,Y. (2021) Jurnal Bening: Analisis Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan

Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. 8 (2)

Siagian (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sinambela, L. P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Jakarta: Bumi Aksara

Suwondo dkk (2015). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan: Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin

Kerja, Dan Kinerja Karyawan. 17, (2) 135–144.

Suhartini, Darwin Lie, dan Ady Inrawan. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap

Kinerja Guru di Sekolah Dasar (SD) Swasta Sultan Agung Pematang Siantar Jurnal Maker. 2 (2),

– 25.




DOI: 10.24036/0955cons
10.24036/0955cons

Article Metrics

Abstract View : 21 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.