Konsep Dukungan Sosial dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMP dan SMA
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa yatim anak asuh human initiative di Bukittinggi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang siswa yatim anak asuh Human initiative di Bukittinggi yang diambil menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis product moment yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 29.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara variabel dukungan sosial dengan variabel motivasi berprestasi dengan nilai P= 0,002 (p<0,05).
Keywords
References
Abidin, F. (2022, Mei 29). Kisah akbar, anak yatim 10 tahun yang putus sekolah akibat keterbatasan kkonomi. Retrieved from IDXChannel: https://www.rctiplus.com/news/detail/gaya-hidup/2435181/kisah-akbar-anak-yatim-10-tahun-yang-putus-sekolah-akibat-keterbatasan-ekonomi
Adnan, A. Z. (2016). Pengaruh dukungan sosial terhadap harga diri remaja desa wonoayu kecamatan wajak. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 13(2), 53. doi:10.18860/psi.v13i2.6442
Alhafid, A. F. (2020). Kontribusi dukungan Sosial orang tua dan peran teman sebaya terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X dan XI di SMA negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 284-300.
Amseke, F. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65-81. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17
Ariyani, S. N. (2018). Tren angka putus sekolah pendidikan sekolah menengah. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(4), 440-451. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/view/13142
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Penyusun skala psikologi (2th ed). Pustaka Belajar.
Bakri. (2016, April 24). Syarifah riska yunita, siswi yatim yang lolos ke amerika. Retrieved from aceh.tribunnews.com: https://aceh.tribunnews.com/2016/04/24/syarifah-riska-yunita-siswi-yatim-yang-lolos-ke-amerika
Dewi, T. U. (2022). Training on making dream trees for improving student learning motivation. Abdimas Galuh, 4(1), 516. doi:10.25157/ag.v4i1.7247
Emeralda, G. N. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua sekolah menengah pertama. Empati, 7(3), 154-159. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/178064/hubungan-antara-dukungan-sosial-orang-tua-dengan-motivasi-belajar-pada-siswa-sek
Fadilla, H. D. (2022). Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa. Ta'dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293-304. Retrieved from http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113
Galugu, N. S. (2019). Motivasi berprestasi sebagai mediasi pada hubungan antara dukungan sosial dan keterlibatan siswa di sekolah. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 72.
Hakim, A. (2020). Faktor penyebab anak putus sekolah. Jurnal Pendidikan, 21(2), 122-132. doi:10.33830/jp.v21i2.907.2020
Humas01. (2017, Mei 6). Rifan, anak yatim dengan segudang prestasi. Retrieved from jateng.kemenag.go.id: https://jateng.kemenag.go.id/berita/rifan-anak-yatim-dengan-segudang-prestasi/
Hanief, Yulinggga Nanda., & Himawanto, Wasis. (2017). Statistik pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Pendidikan/jfZRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=statistik+pendidikan+yulingga+nanda+hanief&pg=PR5&printsec=frontcover
Ibrahim, I. D. (2020). Pengaruh motivasi dan dukungan keluarga terhadap prestasi Belajar Mahasiswa selama penggunaan e-learning masa pandemi covid 19 (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas bumigora). Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 265-278. doi:10.30812/target.v2i2.101
Irawan, P. (2010). Hubungan persepsi terhadap kompetensi guru dengan motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP negeri 2 tirto. (Disertation, UNDIP). http://eprints.undip.ac.id/24804/
Kemendikbud. (2020, Oktober 02). Prestasi indonesia di internasional. Retrieved from ditpsd.kemendikbud.go.id: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/tim-indonesia-bulgaria-international-math-competition
Khairani, N. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pada satpam universitas diponegoro kampus tembalang. JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(3), 531-534. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm
Khalijah, W. N. (2023). Peranan metode Pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar al-qur’an hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 267-278.
Kusrini, W. (2014). Hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi bahasa Inggris siswa kelas VII SMP negeri 6 boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), 131-140.
Lomu, L. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745-751.
Mawarsih, S. E. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA negri jumapolo. Jupe UNS, 1(3), 1-13.
McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.
Mufarrikoh, Z. (2020). Statistik pendidikan (konsep sampling dan uji hipotesis. Surabaya: Jakad Media Publishing. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Pendidikan_Konsep_Sampling_da/hknWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+hipotesis+adalah&printsec=frontcover
Muhyi, M., Hartono., Budiyono, S.C., Satianingsih. R., Sumardi., Rifai, I., Zaman, A.Q., Astutik, E.P., Fitriatien, S.R. (2018). Metodologi penelitian. Adi Buana University Press. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN/4HTLEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=variabel+bebas&pg=PA26&printsec=frontcover
Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN raden intan lampung. Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38-54.
Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_statististika_Modern_untuk_Il/1j_O7aHTZD8C?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+statistika+modern+untuk+ilmu+sosial&pg=PA2&printsec=frontcover
Nugraha, Billy. (2022). Pengembangan uji statistik: implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Uji_Statistik/PzZZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+linier&printsec=frontcover
Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 13-24. doi:10.24269/dpp.v3i2.83
Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: sintetis baru teori motivasi berprestasi. Jurnal Psikologi, 41(2), 218. doi:10.22146/jpsi.6951
Roflin, Eddy. (2021). Populasi, sampel, variabel dalam penelitian kedokteran. Jawa Tengah: NEM. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_VARIABEL_DALAM_PENELITIA/ISYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=total+sampling+adalah&pg=PA14&printsec=frontcover
Saifuddin, A. (2020). Penyusun skala psikologi. Jakarta: Kencana. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Penyusunan_Skala_Psikologi/H4P1DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=reliabilitas+alat+ukur+azwar&printsec=frontcover
Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidika Guru Sekolah Dasar, 10-17.
Sestiani, R. A., Muhid. A. (2021). Pentingnya dukungan sosial terhadap kepercayaan diri penyintas bullying: literature review. Jurnal Tematik, 3(2), 245-251.
Singh, K. (2011). Study of achievement motivation in relation to academic achievement of students. International Journal of Educational Planning & Administration, 2249-3093.
Suciani, D. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa esa unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12, 44.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Suprianto, G. B. (2016). Pengaruh kecerdasan adversitas dan dukungan sosial terhadap motivasi berperestasi atlet selam di surabaya. Jurnal Dinamika, 2, 74-90.
Toding, W. R. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 fakultas kedokteran universitas sam ratulangi. Jurnal e-Biomedik, 3(1), 72. doi:10.35790/ebm.3.1.2015.6619
Trisnowali, A. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMAN 2 watampone. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 259-278. doi:10.24252/mapan.v5n2a8
Winarsunu, Tulus. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan, Malang: UMM Press.
Winarsunu, Tulus. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIK_Dalam_Penelitian_Psikologi_dan/lggHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Statistik+dalam+penelitian+psikologi+dan+pendidikan.&pg=PA2&printsec=frontcover
Yanti, F. A. (2021). Peningkatan motivasi pada anak yatim piatu untuk mengikuti jenjang pendidikan formal di yayasan yatim piatu desa mekarmukti lampung timur. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(1), 25-31. doi:10.36312/sasambo.v3i1.382
Zimet, G. D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G., Farley, G.K. (1988). Multidimensional scale of perceived social support (MSPSS)-scale items and scoring information survey project view project. J Pers Assess, 52, 30-41. Retrieved from http://gzimet.wix.com/mspss
Zimet, G. D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G., Farley, G.K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30-41. doi:10.1207/s15327752jpa5201_2
DOI: 10.24036/0957cons
Article Metrics
Abstract View : 53 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.