Konsep Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Elastisitas dan Fluida Statis

Zulfadhlil Zulfadhlil Haqi(1*), Putri Dwi Sundari(2),

(1) Departement Fisika, Fakultas Matematika dan Pendidikan IPA, Universitas Negeri Padang
(2) 
(*) Corresponding Author




Abstract

Proses pembelajaran merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Kenyataan dilapangan, pembelajaran fisika disekolah masih menunjukkan penerapan model pembelajaran yang digunakan guru masih secara pembelajaran dengan proses belajar mengajar yang dilakukan terpusat pada guru (teacher centered) yang membuat hasil belajar siswa rendah. Oleh sebab itu, dilakukan sebuah penelitian dengan menerapkan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. model pembelajaran discovery learning merupakan model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sesuatu melalui pembelajaran yang dilaluinya.


Keywords

Discovery Learning, Elastisitas, Fluida Statis

References

Hanafiah, Nanang & Cucu Suhana. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Kemendikbud. 2013. Nomor 81 A Tahun 2013 tentang implementasi kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lubis, M. S. (2016). Teori Belajar dan Pembelejaran. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Suherman, erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Sumantri.(2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta : Rajawali.




DOI: 10.24036/0959cons
10.24036/0959cons

Article Metrics

Abstract View : 26 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.