Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala SMK N 1 dan SMK N 2 Sijunjung

hidayatul silvia(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai persepsi guru tentang kepemimpinan kepala SMK N 1 dan SMK N 2 Sijunjung. Pertanyaan yang ingin dijawab yaitu seberapa efektif kepala sekolah dalam mempengaruhi, menggerakkan, membimbing dan memotivasi guru-guru di SMK N 1 dan 2 Sijunjung berdasarkan persepsi guru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan metode kuantitatif serta populasi penelitian adalah seluruh guru PNS golongan III dan IV di SMK N 1 dan SMK N 2 Sijunjung sebanyak 128 orang. Sampel penelitian berjumlah 57 orang yang ditarik menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket model skala Likert. Hasil uji coba dengan 45 pernyataan di dapat 37 yang valid dan reliable. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala SMK N 1 dan 2 Sijunjung dalam mempengaruhi, menggerakkan, membimbing dan memotivasi guru-guru sudah terlaksana secara efektif.


References

A, Lawrence Manulang. 1998. Sistem Akuntansi Pemberlian. Yogyakarta:Andi.

Agus Wahyudi. 2017. Analisis Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi dan Komunikasi Terhadap Semangat Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Dealer Indomobil Nissan Datsun Jember).

Arsil Zainal. 2010. Micro Teaching, Cet I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2002), h. 8.

Djunaidi. 2017. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Tarbiyatuna. Vol 2 no 1.

Ermita. 2015. Kepemimpinan Guru Dalam Pelaksanaan Tugasnya di Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 15 no (2). Hal 32-35.

Husaini Usman. 2010. Manajemen Toeri, Praktik dan Riset Pendidikan. Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jacob Rusli. 2010. Pembahasan Pengertian Delegasi dan Kekuasaan. Retrieved from World Wide Web: https://ruslijacub.wordpress.com/20

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang di Sempurnakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2017. Strategi Pembelajaran Paud. Jakarta:Rosda.

Munir Azhari dan Deni Indra Purnama Koto. 2020. Pengaruh Sistem Penghargaan Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Di Sma Methodist Jakarta Utara). Jurnal Manajemen Dan Bisnis. Vol 2 no (3).

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Sulastri, dkk. 2022. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Tindakan Indonesia. Vol 7. No 3.

Tim Dosen UPI. 2011. Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: 10.24036/0961cons
10.24036/0961cons

Article Metrics

Abstract View : 15 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.