Pengaruh Halal Destination Attributes dan Perceived Value terhadap Kepuasan Wisatawan di Kabupaten Tanah Datar
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) 
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bermula dari adanya indikasi ketidakpuasan yang dirasakan oleh para wisatawan di destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Oleh karena itu fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh halal destination attributes dan perceived value terhadap kepuasan wisatawan di Kabupaten Tanah Datar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan fokus pada hubungan sebab-akibat. Penelitian ini menekankan pada wisatawan muslim yang telah atau sedang mengunjungi destinasi wisata di Kabupaten Tanah Datar. Sampel penelitian yang terdiri dari 271 responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert yang telah diuji untuk validitas serta reliabilitasnya. Diperoleh hasil yang menunjukkan jika variabel halal destination attributes memiliki tingkat yang cukup baik dengan persentase sebesar 43,17%, perceived value menunjukkan tingkat yang cukup baik dengan persentase sebesar 36,16% dan kepuasan wisatawan juga berada pada tingkat yang cukup baik dengan persentase 39,11%. Selanjutnya, temuan penelitian ini juga mengindikasi bahwa halal destination attributes dan perceived value memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan wisatawan sebesar 0,294.
Keywords
References
Allameh, S. M., Pool, J. K., Jaberi, A., Salehzadeh, R., & Asadi, H. (2015). Factors influencing sport tourists’ revisit intentions: The role and effect of destination image, perceived quality, perceived value and satisfaction. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 27(2), 191–207. https://doi.org/10.1108/APJML-12-2013-0159
Battour, M., & Ismail, M. N. (2014). The Role of Destination Attributes in Islamic Tourism. SHS Web of Conferences, 12(May), 01077. https://doi.org/10.1051/shsconf/20141201077
Battour, M., Ismail, M. N., & Battor, M. (2011). The impact of destination attributes on Muslim tourist’s choice. International Journal of Tourism Research, 13(6), 527–540. https://doi.org/10.1002/jtr.824
Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2019). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445–469. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i4.5104
Lisma, N., Yonaldi, S., & Zulbahri, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kunjungan Wisatawan Ke Objek Wisata Syariah Di Sumatera Barat. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 8, 1–15.
Rahman, M. K. (2014). Motivating factors of Islamic Tourist’s Destination Loyalty: An Empirical Investigation in Malaysia. Journal of Tourism and Hospitality Management, 2(1), 63–77.
Sofyan, R., Ahmad, H., Rahtomo, W., & Hidayati, N. (2020). Laporan Perkembangan Pariwisata Ramah Muslim Daerah 2019-2020 (S. E. Hidayat & I. S. Beik (eds.)).
Wisnawa, I. M. B. (2018). Brand Loyalty at Chain Hotel in Denpasar. E-Journal of Tourism, 5(1), 1. https://doi.org/10.24922/eot.v5i1.36666
DOI: 10.24036/0962cons
Article Metrics
Abstract View : 71 timesPDF : 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.