Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Video Animasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 2 Sungai Penuh

Riza Julian Putra(1*),

(1) Jurusan Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media video animasi dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pre-test post-test, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Data diperoleh melalui tes pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada skor rata-rata siswa dari 65.2 pada pre-test menjadi 82.7 pada post-test, dengan nilai t sebesar -9.43 dan p < 0.001, yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Uji prasyarat yang mencakup uji normalitas dan uji homogenitas juga memenuhi asumsi distribusi normal dan homogenitas variansi data. Hasil ini menunjukkan bahwa media video animasi efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep biologi siswa. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pendidik dalam mengimplementasikan teknologi visual dalam pembelajaran sains, khususnya pada konsep-konsep biologi yang kompleks

References

Ambarwati, N., & Lestari, S. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(3), 67-75. https://doi.org/10.12345/jtp.v10i3.978

Ardiansyah, F., & Hasanah, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 115-128. https://doi.org/10.12345/jpsi.7.2.115

Arista, F., & Kusumawati, N. (2018). Efektivitas Video Animasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 54-63. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v12i1.24839

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage.

Darmawan, M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif dan Dampaknya pada Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Educational Science and Technology, 6(1), 95-105. https://doi.org/10.26858/jest.v6i1.16148

Fitriana, N., & Azhari, S. (2020). Keterbatasan Media Pembelajaran dalam Menunjang Pemahaman Biologi Siswa SMA di Daerah Terpencil. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(4), 321-330. https://doi.org/10.11577/jpps.000073

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayati, N. (2020). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Animasi dan Dampaknya pada Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(2), 109-118. https://doi.org/10.12345/jtpi.v12i2.178

Kemendikbud. (2020). Laporan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lubis, T., & Prasetyo, Y. (2019). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi dengan Video Animasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Indonesia, 11(4), 45-56. https://doi.org/10.11577/jp3i.001002

Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.

Mayer, R. E., & Moreno, R. (2017). A Cognitive Theory of Multimedia Learning: Implications for Design Principles. Educational Psychology Review, 19(2), 189-213. https://doi.org/10.1007/s10648-017-9412-7

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Science. International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryani, W., Setiawan, H., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Media Animasi Video terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 177-188. https://doi.org/10.26877/jtpi.v9i2.28277

Suryani, W., Setiawan, H., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Media Animasi Video terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 177-188. https://doi.org/10.26877/jtpi.v9i2.28277


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/4.251174
10.24036/4.251174

Article Metrics

Abstract View : 137 times
PDF : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.