Efektivitas Pembelajaran Biologi Berbasis Video Animasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas X SMAN 2 Sungai Penuh
(1) Jurusan Tadris Biologi, Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Ambarwati, N., & Lestari, S. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Video Animasi pada Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 10(3), 67-75. https://doi.org/10.12345/jtp.v10i3.978
Ardiansyah, F., & Hasanah, S. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 115-128. https://doi.org/10.12345/jpsi.7.2.115
Arista, F., & Kusumawati, N. (2018). Efektivitas Video Animasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 54-63. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v12i1.24839
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Sage.
Darmawan, M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif dan Dampaknya pada Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Journal of Educational Science and Technology, 6(1), 95-105. https://doi.org/10.26858/jest.v6i1.16148
Fitriana, N., & Azhari, S. (2020). Keterbatasan Media Pembelajaran dalam Menunjang Pemahaman Biologi Siswa SMA di Daerah Terpencil. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(4), 321-330. https://doi.org/10.11577/jpps.000073
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, N. (2020). Media Pembelajaran Biologi Berbasis Animasi dan Dampaknya pada Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 12(2), 109-118. https://doi.org/10.12345/jtpi.v12i2.178
Kemendikbud. (2020). Laporan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Lubis, T., & Prasetyo, Y. (2019). Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Biologi dengan Video Animasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Indonesia, 11(4), 45-56. https://doi.org/10.11577/jp3i.001002
Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Mayer, R. E., & Moreno, R. (2017). A Cognitive Theory of Multimedia Learning: Implications for Design Principles. Educational Psychology Review, 19(2), 189-213. https://doi.org/10.1007/s10648-017-9412-7
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Science. International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA).
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryani, W., Setiawan, H., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Media Animasi Video terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 177-188. https://doi.org/10.26877/jtpi.v9i2.28277
Suryani, W., Setiawan, H., & Rahmat, R. (2020). Pengaruh Media Animasi Video terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(2), 177-188. https://doi.org/10.26877/jtpi.v9i2.28277
DOI: 10.24036/4.251174
Article Metrics
Abstract View : 137 timesPDF : 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.