Kontribusi latar belakang sosial ekonomi orang tua di masa Covid-19 terhadap perkembangan sains anak (survei pada anak taman kanak-kanak di Kecamatan Bukik Barisan)
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5004.
Fithriyana, R. (2018). Hubungan penghasilan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar 006 Langgini. Jurnal Basicedu, 2(1), 102–110.
Hadiyanto, H. (2017). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(2), 171–185.
Hayati, N., Cholimah, N., & Christianti, M. (2017). Identifikasi keterampilan kognitif anak usia 2-6 tahun di Lembaga PAUD Kecamatan Sleman, Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 181–189.
Jailani, M. (2019). Hubungan status sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi anak untuk berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 35–42.
Marliza, R., & Eliza, D. (2019). Peningkatan keterampilan proses sains melalui kegiatan belajar tanaman di taman kanak-kanak Aba Air Bangis. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 59–63.
Mursid, B. (2015). Pengembangan pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Pratiwi, D. E., & Prasetya, N. E. (2019). Pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SDN Tambaksari I Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 36–40.
Sueca, I. N., & Darmayanti, N. W. S. (2020). Pembinaan dan pembimbingan kegiatan literasi dasar dalam pembelajaan di rumah selama pandemi Covid-19 pada anak-anak banjar dinas temukus, Desa Besakih. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 557–561.
Sugiyono. (2017). Metode kuantitatif. In metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Susanti, E., & Wahyudin, A. (2017). Pengaruh kemampuan ekonomi orang tua terhadap hasil belajar melalui fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar sebagai intervening. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 475–488.
Suyono, A. (2016). Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar yang dimediasi oleh fasilitas belajar. Journal of Accounting and Business Education, 1(2).
Utomo, S. D., & Adi, B. W. (2018). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif kewirausahaan pada siswa kelas XI SMK Kristen 1 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1).
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705.
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan perkembangan anak usia dini melalui kegiatan parenting. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48–56.
ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan science book anak untuk pengenalan literasi dan karakter berbasis budaya alam minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896.
DOI: 10.24036/4.25455
Article Metrics
Abstract View : 238 timesPDF : 159 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.