Resiliensi akademik siswa yang berasal dari keluarga broken home

Sri Wulandari(1*), Nurfarhanah Nurfarhanah(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Resiliensi sangat penting untuk dapat bangkit dan berkembang dengan tekanan yang dialami oleh siswa. Oleh karena itu resiliensi dibutuhkan oleh siswa yang mengalami broken home untuk dapat mengembangkan orientasi masa depannya yang dapat menunjang hidupnya agar menjadi lebih baik. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat resiliensi akademik siswa yang berasal dari keluarga broken home di SMP Negeri 16 Padang ditinjau dari aspek: regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, kemampuan melakukan analisa masalah, empati, efikasi diri dan reaching out. Penelitian dilakukan di SMP N 16 Padang, dengan metodologi deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa, dengan menggunakan instrumen TIRI (Taufik & Ifdil Resiliensi Inventori) yang dikembangkan dari teori (Reivich & Shatté, 2012). Berdasarkan hasil temuan, disimpulkan tingkat resiliensi akademik siswa yang berasal dari keluarga broken home secara umum berada pada kategori sedang dengan frekuensi 35 dan persentase 66,04% artinya, lebih dari setengah jumlah siswa yang menjadi sampel penelitian sudah bisa dikatakan resilien.

References

Asriandari, E. 2015. Resiliensi Siswa Korban Perceraian Orang Tua. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal dipublikasi.Tarmizi (2018)

Boatman, M. 2014. Academically Resilient Minority Dooctoral Students Who Experienced Poverty and Parental Subtance Abuse. Walden Dissertations and Doctoral Studies, (Online), (http://www.scholarworks.waldenu.edu/ dissertations/133/), diakses 19 Desember 2022.

Chemers, M. M., Hu, L. T., & Garcia, B. F. 2001. Academic self-efficacy and first year college student performance and adjustment. Journal of Educational psychology, 93(1), 55.

Firman, F., Baedhowi, B., & Murtini, W. 2018. The Effectiveness of The Scientific Approach to Improve Student Learning Outcomes. International Journal of Active Learning, 3(2), 86–91. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal

Fitri, A., & Firman, F. (2020). The Relationship Of Self-Concept And Resilience Of Prosperous Private Students In Smp Negeri 4 Lembah Gumanti Kabupaten Solok Regency. Jurnal Neo Konseling, 2(3).

Gusriko Hardianto, Erlamsyah Erlamsyah, Nurfahanah Nurfahanah 2016. Hubungan antara Self-Efficacy Akademik dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Konselor. Vol.3 No.1.

Hendriani, Wiwin. 2018. Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ifdil & Taufik. 2016. Urgensi Peningkatan dan Pengembangan Resiliensi Siswa di Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(2).

Ifdil, Sari, I. P. & Putri, V. N. 2019. Psychological well-being remaja dari keluarga broken home. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Ifdil; Ardi, Z. & Yendi, F. M. (2012). Resilience Post-Disaster of Students SMA Negeri in Padang. Jurnal Konselor, 1(1).

Mustika, H, Netrawati, & Karneli Y 2022 Penerimaan Diri Remaja Broken Home Melalui Pendekatan Konseling Kelompok Rational Emotive Behaviour Therapy Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains Volume 2 Nomor 4, Desember

Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Rahmi, S., Mudjiran & Nurfarhanah 2014 Masalah-Masalah Yang Dihadapi Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home Dan Implikasinya Terhadap Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Konselor Jurnal Ilmiah Konseling Vol 2 Nomor 3

Reivich dan Shatte. 2012. Psychosocial Resilience. American Journal of Orthopsychiatry, 57, 316. doi:10.1111/j. 1939-0025.1987.tb03541.x

Taufik, T., & Ifdil, I. (2015). Taufik & Ifdil Resiliensi Inventori. Padang: Jurusan BK FIP UNP.

Tumiyem, Daharnis & Alizamar. 2015. Analisis Terhadap Siswa Yang Berasal Dari Keluarga Broken Home (Studi Kasus Di SMK Negeri 2 Gunung Talang) Konselor Vol 4, No3

Veronika, M. & Afdal. 2019 Differences in Self-Concept of Students from Intact Families And Non-Intact Families Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia Vol.3, No.3, , pp. 151-158

Yendi, F M, Khairiyah, F N, Firman & Sukma, D. 2023 The Relationship Between Peer Social Support and Student Academic Resilience Jurnal Neo Konseling Volume 5 Number 1

Yusuf, A.Muri. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan Penelitian. Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group

Zuraidah. 2016. Analisa Perilaku Remaja Dari Keluarga Broken Home. Medan: Universitas Potensi Utama. Online http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISi/article/view/154 diakses pada 27 Mei 2022.


Full Text: Untitled

DOI: 10.24036/000734chr2024
10.24036/000734chr2024

Article Metrics

Abstract View : 17 times
Untitled : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SRI WULANDARI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.