Analisis Faktor Yang Menumbuhkan Hubungan Interpersonal Yang Baik Pada Siswa SMA

Ayuni Putri(1*), Afrizal Sano(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Abstract

Menumbuhkan hubungan interpersonal yang baik penting pada kehidupan siswa sehari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan tumbuhnya hubungan interpersonal yang baik antara lain rasa percaya, sikap sportif dan terbuka. Akan tetapi, ketiga faktor tersebut masih belum berkembang pada diri siswa, sehingga belum dapat menumbuhkan  hubungan interpersonal yang baik dengan lingkungannya. Siswa yang belum memiliki hubungan interpersonal yang baik akan lebih mudah terisolir dan dikucilkan oleh teman sebayanya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang menumbuhkan hubungan interpersonal yaitu faktor (1) percaya (trust), (2) sikap sportif, dan (3) sikap terbuka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian siswa kelas X, XI dan XII SMA Negeri 5 Pariaman dengan jumlah 512 orang dengan sampel sebanyak 225 orang dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis persentase. Hasil penelitian mengungkap bahwa faktor yang menumbuhkan hubungan interpersonal yang baik pada siswa SMA Negeri 5 Pariaman ditinjau dari (1) faktor percaya (trust) tergolong cukup baik  53.78%, (2) faktor sikap sportif cukup baik 56.00%, dan (3) faktor sikap terbuka juga cukup baik 64.44%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa faktor yang menumbuhkan hubungan interpersonal yang baik pada siswa SMA N 5 Pariaman tergolong  cukup baik.


References

Carter, & S.L. (2001). Family and consumer sciences. Human development and family sciences.Family Life Month Pocket. Ohio State University Extension.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosdakarya.

Dewi, W. N. A. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Budaya Jawa Untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa SMP Negeri Kota Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 1 (2).

Duffy, K. G., & Wong, F. y. (2000). Community Psikology 3rd edition. Boston: Allyn & Bacon.

Fernanda, M. M., & Sano, A. (2012). Hubungan antara kemampuan berinteraksi sosial dengan hasil belajar. Konselor, 1(2)., 1, 1–8.

Glading, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang menyeluruh (Terjemahan, Winarmo, & Lilian (eds.)). Jakarta: Indeks.

Larson, R., Csikszentmihalyi, M., & Graef, R. (1980). Mood variability and the psychosocial adjustment of adolescents. Journal of Youth and Adolescence, 469–490.

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Prayitno, & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, B. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Rakhmat, J. (2018). Psikologi Komunikasi (Edisi Revi). Bandung?: Remaja Rosdakarya.

Santoso, S. (2010). Teori-Teori Psikologi Sosial. Bandung: Reflika Aditama.

Solomon, R. C., & Flores, F. (2003). Building Trust: In Business, Politics, Relationships, and Life. New York: Oxford University Press.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syukur, Y., Neviyarni, & Zahri, T. N. (2019). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Malang: IRDH.

Tauber, S., Martina, P., & Farneti, A. (2014). Pupils ’ Interpersonal Problems And Occupational Stress In Teacher . Preliminary Results . Procedia - Social and Behavioral Sciences, 140, 197–199. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.409

Tohirin. (2007). Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES PRESS.

Wijayanti, D. (2012). Efektivitas Teknik Sosio drama dalam meningkatkan Hubungan Interpersonal Remaja. UPI Bandung.

Willis, S. S. (2013). Konseling individual teori dan praktek. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W. S. (1991). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.Grasindo.

Yusup. (2014). Hubungan Interpersonal Antar Siswa Dan Keaktifan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Program Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/01017cic
10.24036/01017cic

Article Metrics

Abstract View : 14 times
PDF : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayuni Putri, Afrizal Sano

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.