Hubungan persepsi siswa tentang belajar dengan kegiatan belajar

Deli Oktaviana(1*), Daharnis Daharnis(2), Herman Nirwana(3), Taufik Taufik(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kegiatan belajar yang masih dalam kategori sedang. Kemungkinan salah satu faktor penyebabnya adalah persepsi siswa tentang belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang belajar, 2) mendeskripsikan kegiatan belajar siswa, 3) menguji seberapa besar hubungan persepsi siswa tentang belajar dengan kegiatan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X dan XI siswa SMA Negeri 1 Sitiung sebanyak 636 siswa, sampel penelitian sebanyak 267 siswa dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen persepsi siswa tentang belajar dan instrumen kegiatan belajar dengan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat persepsi siswa tentang belajar berada pada kategori baik, (2) tingkat kegiatan belajar berada pada kategori baik, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang belajar dengan kegiatan belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,614 dan signifikansi 0,000.

References

Alizamar & Couto, N. (2016). Psikologi Persepsi & Desain Informasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca, V., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109- 4115.

Bashori, K. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Jurnal Pendidikan. 1(1), 57- 92.

Daharnis, D. (2005). Hubungan Sejumlah Karakteristik Mahasiswa, Kondisi Lingkungan, Pembelajaran, Kegiatan Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Tesis. Tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Daharnis, D., Erlamsyah, E., & Ifdil, I., Ardi, Z., & Hariko, R. (2014). Model Program Pengembangan Kegiatan Belajar Siswa SMA Sumatera Barat. Padang: Universitas Negeri Padang.

Dimyati, dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., Littlefield, J. F., & Travers, J. F. (2000). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Singapore: McGraw-Hill Bookco.

Hamalik, O. (2013) Psikologi Belajar dan Mengajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hariko, R. (2012). Hubungan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Konselor dan Motivasi Siswa Mengikuti Konseling Perorangan di SMA Adabiah Padang. Disertasi. Tidak Diterbitkan. UNP.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal. 1(1), 40-48.

Nirwana, H. (2003). Hubungan Tingkat Aspirasi Dan Persepsi tentang Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa SMU yang Berlatar Belakang Budaya Minangkabau dan Batak. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Nurqaidah, S., & Hendra, A. (2022). Persepsi Siswa tentang Efikasi Guru dan Tingkah Laku Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Education: Jurnal Pendidikan, 1(1), 158- 166.

Prayitno & Erman Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja grafindo.

Sari, M. M., Taufik, T., & Yusri, Y. (2016). Peran Guru Bk/Konselor dan Guru Mata Pelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Memperoleh Hasil Belajar Rendah. Jurnal Konselor, 3(2), 59-66.

Sternberg, R. J. (2008). Psikologi Kognitif. Terjemahan: Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Uyun, M., & Warsah, I. (2021). Psikologi pendidikan. Deepublish.

Wahyuningsih, E.S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Wijaya, R.S. (2015). Hubungan Kemandirian dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(3), 40- 45.

Yanti, R., & Harti, S. (2022). Hubungan antara Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Membaca Teks Prosedur. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(5), 661-668.

Zuldafrial, Z., & Bohari, B. (2014). Pengaruh Heterogenitas terhadap Hasil Belajar Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Pontianak. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(2), 267-281.

Zulfa, M.Y., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan antara Locus of Control dan Persepsi Siswa tentang Pendidikan dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3(1), 1-11.




DOI: 10.24036/01104cic
10.24036/01104cic

Article Metrics

Abstract View : 42 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Deli Oktaviana, Daharnis Daharnis, Herman Nirwana, Taufik Taufik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.