Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran dan Bimbingan Konseling: Fondasi Teoritis dan Implikasi Praktis bagi Peserta Didik
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Astiti, K. A., Yanti, B. A. S., Suryaningsih, N. M. A., Poerwati, C. E., Zahara, L., & Wijaya, I. K. W. B. (2024). Teori Psikologi Konstruktivisme. Nilacakra. https://books.google.co.id/books?id=fMgzEQAAQBAJ
Bimrose, J. (2016). Constructivism in online career counselling. In Career counselling (pp. 210–221). Routledge.
Darmalaksana, W. (2020). Metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Gunawan, I. G. A., Sujana, I. P. W. M., Ardani, N. N. J., Dewi, N. K. V. K., Violita, N. K. L., Sembiring, M. F. B., & Dwi, N. L. P. D. A. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Banjar. Widya Accarya, 16(1), 49–54.
Herianingtyas, N. L. R., Muyassaroh, I., Barokah, A., Kurnia, I. R., & Mukhlis, S. (2025). Model-Model Pembelajaran: Praktik Pedagogis Pembelajaran Mendalam. Publica Indonesia Utama.
Istikomayanti, Y., Mitasari, Z., Mashuri, M., & Anggraeni, P. D. (2024). Buku Penguatan Pedagogik Calon Guru: Teori dan Praktik Baik dalam Pembelajaran.
Jufri, A. P., Asri, W. K., Mannahali, M., & Vidya, A. (2023). Strategi pembelajaran: Menggali potensi belajar melalui model, pendekatan, dan metode yang efektif. Ananta Vidya.
Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan teori belajar konstruktivisme dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42.
Mardiah, S. A., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2025). Peranan Teori Konstruktivisme Dalam Layanan Bimbingan Karir di SMA. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12).
Moreno, R. (2010). Educational Psychology. In The ECPH Encyclopedia of Psychology. John Willey & Son, Inc. https://doi.org/10.1007/978-981-97-7874-4_1080
Sandra, R., Neviyarni, N., & Nirwana, H. (2025). Perkembangan Ilmu Psikologi Belajar dalam Mendukung Praktik Bimbingan Konseling di Abad 21; Behavioristik ke Konstruktivisme. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(10).
Sari, N., Kaharuddin, A., Zulfikar, M., Elvierayani, R. R., Rinawati, A., Kuspiyah, H. R., Irianti, N. P., & Yahrif, M. (2025). Strategi Pembelajaran Mendalam. Andi Kaharuddin. https://books.google.co.id/books?id=KCmYEQAAQBAJ
Suryadi, A., Damopolii, M., & Rahman, U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=DE9zEAAAQBAJ
Tabun, Y. F., Ariningsih, K. A., Jalal, N. M., Hau, R. R. H., Suprapmanto, J., Meisarah, F., Nuruddaroini, M. A. S., Renaldi, R., Sesrita, A., & Julyanti, E. (2022). Teori Pembelajaran. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://books.google.co.id/books?id=U6ZeEAAAQBAJ
Tarrapa, S., Panggabean, J. Z. Z., Judijanto, L., Waliulu, H., Sudarman, S., Lumbu, A., Hasnawati, H., Tumober, R. T., & Nurdin, H. A. (2025). Perencanaan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Watson, M. B. (2006). Career counselling theory, culture and constructivism. In Career counselling (pp. 59–70). Routledge.
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda, 4(1).
DOI: 10.24036/01334cic
Article Metrics
Abstract View : 10 timesPDF : 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lailatul Afifah Ardi, Neviyarni S, Herman Nirwana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.





