Post-Covid-19 Pandemic Student Learning Motivation and Its Implications for Guidance and Counseling Services at SMA N 3 Payakumbuh

Lisa Kurnia(1*), Neviyarni Neviyarni(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Motivasi belajar membuat kegiatan belajar mengajar tetap berjalan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil belajar sangat dipengaruhi oleh motivasi, oleh karena itu ketika siswa kurang motivasi belajar maka hasilnya kurang ideal. Setelah pandemi Covid-19, motivasi belajar siswa berkurang akibat perubahan sistem pembelajaran dari online menjadi offline (tatap muka). Siswa kurang bersemangat dan kurang terlibat dalam pembelajaran tatap muka. Hal ini sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah motivasi belajar siswa di SMA N 3 Kota Payakumbuh berkurang akibat wabah Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek hasrat dan keinginan untuk berhasil pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. Aspek dorongan dan kebutuhan dalam belajar pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. Aspek harapan dan cita-cita masa depan pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. Aspek penghargaan dalam belajar pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori. Aspek kegiatan yang menarik didapatkan pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori sedang. Aspek lingkungan belajar kondusif pasca pandemi Covid-19 berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa dari keenam aspek yang diteliti dapat menurunkan motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Kota Payakumbuh karena berada diantara kategori sedang.

References

Agustin, R., Sano, A., & Yusri, Y. (2017). Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Berdasarkan Tipe Kepribadian. International Counseling and Education Seminar

Aulia Nadifa, M. Thamrin Hidayat, Syamsul Ghufron, Pance Mariati. (2022). Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas IV SD I Wachid Hasyim Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 4 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Kepribadian. International Counseling and Education Seminar.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dani, R., & Syukur, Y. (2019). Students Perceptions of Drug Abuse and its Implications in Guidance and Counseling. Jurnal Neo Konseling, 1(4).

Darminto E & SBAA Thorifah. (2020). Peran Konselor dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 3 (1), 11-18

Edli, H., & Mudjiran, M. (2015). Perbedaan Motivasi dan Keterampilan Belajar Peserta Didik Berprestasi Tinggi dan Rendah Serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(1), 26. https://doi.org/10.24036/02015416452-0-00

Falentini, F. Y., Taufik, T., & Mudjiran, M. (2013). Usaha yang dilakukan Siswa dalam Menentukan Arah Pilihan Karir dan Hambatan-hambatan yang ditemui. Konselor, 2(1).

Frandy Pratama, Firman, Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar Negeri 01. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 1 Nomor 3 Tahun 2019 Halaman 280-286

Hardianto, G., Erlamsyah, E., & Nurfahanah, N. (2016). Hubungan antara self- efficacy akademik dengan hasil belajar siswa. Konselor, 3(1), 22. https://doi.org/10.24036/02014312978-0-00

Hartati, W., & Karneli, Y. (2020). Penggunaan pendekatan konseling individu trait and factor dalam perencanaan karier pada pria korban pelecehan seksual. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 223 – 228. https://doi.org/10.26539/teraputik.42422

Herlina Maman, H. S. (2020). Potensi pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) di tengah pandemi corona virus disease (covid)-19 di sekolah dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, Vol 8, No 1, 1–7.

Kemendikbud. (2020). Program Penyusunan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022.

Melika, F. D., Ahmad, R., Firman. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo Konseling

Nasution, J. A., Neviyarni, N. and Alizamar, A. (2017) ‘Motif Siswa memiliki Smartphone dan Penggunaannya’, JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), p. 15. doi: 10.29210/02017114.

Nurkholis. (2020). Dampak pandemi novel-corona virus disease (covid-19) terhadap psikologi dan pendidikan serta kebijakan pemerintah. Jurnal PGSD, Vol. 6 No.1. 39–49.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Padang: Ghalia. Indonesia

Prayitno. (1997). Keterampilan belajar. Bengkulu: 3SCPD

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil; Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: Rajawali Pers.

Ramadhan, I., Nugraha, T. J., Firmansyah, E., Alkahfy, R., & Rian. (2021). Perubahan Proses Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 2 Pontianak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(8), 86–93. https://doi.org/10.5281/zenodo.5746197

Rima, P. F., Alizamar., & Afdal. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2).

Robandi, D. and Mudjiran, M. (2020) ‘Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukittinggi’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), pp. 3498–3502. doi: 10.31004/jptam.v4i3.878.

Safitri, N., Neviyarni, & Irianto, A. (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Jurnal Konselor, 3(4), 184–200.

Yulianti, P., Sano, A., & Ifdil, I. (2016). Self Regulated Learning Siswa Dilihat dari Hasil Belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(1): 98- 102.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 127 times
PDF : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Lisa Kurnia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.