Hubungan Self Control dengan Penyalahgunaan Smartphone pada Siswa SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik

Dina Sadiyah(1), Zadrian Ardi(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Self control merupakan variabel psikologis yng mencangkup kemampuan individu untuk memodifikasi prilaku, kemampuan individu dalam mengelola informasi. Self control yang rendah menjadi faktor yang paling tinggi dalam penyalahgunaan smartphone. Dengan adanya self control yang tinggi dalam menggunakan smartphone pada remaja maka penggunaan smartphone akan dikendalikan secara teratur dan menggunakan smartphone sebagai media yang bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis tingkat Self control siswa, (2) menganalisis penyalahgunaan smartphone pada siswa, dan (3) Menguji apakah terdapat hubungan Self control dengan penyalahgunaan smartphone.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMAN 2 VII Koto Sungai Sarik yang berjumlah sebanyak 196 orang siswa. Jenis pengambilan sampel yang digunakan ialah total sampling, sehingga semua populasi merupakan sampel dari penelitian ini.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Self control siswa secara keseluruhan pada umumnya berada pada kategori sedang dengan persentase 84%. (2) Penyalahgunaan smartphone pada siswa secara keseluruhan pada umumnya berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 82%. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara self control dengan penyalahgunaan smartphone dengan koefisien sebesar -0,214 yang berada pada kategori kuat dengan nilai signifikansi 0,003.

References

APJII. 2018. Potret Zaman Now Pengguna & Perilaku Internet Indonesia. Jakanrta, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Asih, A.T., & Fauziah, N. 2017. Hubungan antara Self control dengan Kecemasan Jauh dari Smartphone (Nomophobia) pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6 (2) 15-20.

Averill, J.R.(1973). Personal control over aversive stimuli and it’s relationship to stress. Psychological Buletin. 88: 286-303 Azwar, S. 2010. Metode Penelitian. Pustakan Belajar.

Chen, Y.-F. 2006. Social phenomena of mobile phone use: An exploratory study in taiwanese college students. Journal of Cyber Culture and Information Society, 7, 219-244.

Debora, Niken & Indah Sukma. 2021. The Relationship of Self control to Student Gadget use. Jurnal Neo Konseling, 3(2) 129-133.

Fachrurrozi, Firman, & Ibrahim, I. (2018). Hubungan Self control dengan Disiplin Siswa dalam Belajar. Neo Konseling, 1(November), 1.

Fauziah, Assyifa. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Tik Tok Terhadap Pengungkapan Diri (Self Disclosure) Siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (Smkn) 10 Kota Bekasi.[Skripsi] Universitas Islam Negeri (Uin) Syarif HidayatullahJakanrta,t.t.

Firman, F. (2018). Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Ghufron, M. N & Risnawita S, R. 2010. Teori-teori Psikologi.

Juliana, Ibrahim, I., & Sano, A. (2014). Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan2, 2(1).

Ningsihm Astri. 2017. Hubungan Lama Penggunaan, Tampilan Layarm dan Posisi Tubuh Saat Menggunakan Smartphone terhadap Keluhan Mata pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.[SKRIPSI] Fakultas Kedokteran: Universitas Muhammadiyah Palembang

Nurmala, K. D. (2013). Pengaruh Penggunaan Social Networking Melalui Facebook Terhadap Pengembangan Nilai Moral Sosial Siswa di Sekolah (Universitas Pendidikan Indonesia).

Nurningtyas & Yulia Ariza. 2021. Pengaruh Self control terhadap Intensitas Penggunaan Smartphone pada Remaja. Acta Psychologia, 3(1) 14-20.

Paramita, T., & Hidayati, F. 2016. Smartphone Addiction Ditinjau dari Alienasi pada Siswa SMAN 2 Majalengka. Jurnal Empati, 5 (4) 858-862.

Patchin, J, W & Hinduja, S. 2011. Cyberbulling and Self Esteem. Journal of School Health, 80 (12), 614-621.

Putra, A. Y., Ifdil, & Afdal. (2019). Deskripsi Tingkat Kecanduan Smartphone Berdasarkan Minat Sosial. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(2).

Rezky, Andi Putri. 2016. Hubungan Tingkat Penggunaan Smartphone Pada Remaja Dengan Interaksi Dalam Keluarga. Bogor.

Pramudiastuti, N. K., & Firman, F. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prinsip Konstruktivisme untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–10.

Sandi, A., & Firman, F. (2022). Improving Student Adjustment in Learning in the New Normal Era through Group Guidance Using a Behavioristic Approach with Modeling Techniques. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 4(1), 15- 21.

Sari, I., Ifdil, I., Sano, A., & Yendi, F. (2020). Self-Control of Adolescent in using Smartphone. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 101-109

Thalib, Syamsul Bachri. 2017. Psikologi Pendidikan berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Kencana: Jakanrta.

Yusuf, M. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakanrta: Kencana.

Yuwanto, L. 2010. Mobile Phone Addict. Surabaya: Putra Media Nusantara




DOI: 10.24036/0793cic
10.24036/0793cic

Article Metrics

Abstract View : 23 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dina Sadiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.