Efektivitas Layanan Informasi dengan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dampak Cyberbullying

Syukri Ramadhani(1*), Indah Sukmawati(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik di SMAN 3 Lubuk Basung yang belum paham tentang dampak cyberbullying. Salah satu penyebabnya karena belum pernah diberikan informasi terkait hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman siswa tentang dampak cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning serta untuk menguji efektivitas layanan informasi dengan pendekatan problem based learning dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak cyberbullying. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimen design (one group pretest-posttest design). Teknik analisis data menggunakan wilcoxon singed rank test.  Hasil penelitian mengungkapkan terjadi peningkatan pemahaman peserta didik mengenai dampak cyberbullying serta layanan informasi dengan pendekatan problem based learning efektif meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak cyberbullying. Hal ini diperkuat dari hasil uji wilcoxon signed rank test dimana asymp.sig (2-tailed) pada kelompok eksperimen lebih kecil dari 0,05. Maka disimpulkan layanan informasi dengan pendekatan problem based learning efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang dampak cyberbullying

References

Afriluyanto, T. R. (2018). Fenomena remaja menggunakan media sosial dalam membentuk identitas. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 11(2), 184–197.

Agustina, F. (2019). Analisis perilaku cyberbullying di media sosial dan upaya penanggulangannya (pp. 1–6). INA-Rxiv.

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Bottino, S. M. B., Bottino, C. M. C., Regina, C. G., Correia, A. V. L., & Ribeiro, W. S. (2015). Cyberbullying and adolescent mental health: Systematic review. Cad. Saúde Pública, 31(3), 463-475

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & Agatston, P. W. (2008). Cyberbullying: bullying in the digital age. Malden, MA USA: Blackwell Publishing.

Kunandar. (2010). Guru profesional. Jakarta: Rajawali Press

Ningrum, F. S., & Amna, Z. (2020). Cyberbullying victimization dan kesehatan mental pada remaja. Insan Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental, 5(1), 35-48.

Nurihsan, A. J. (2006). Bimbingan dan konseling dalam berbagai latar dan kehidupan. Bandung: Reika Aditama

Pakpahan, dkk. (2021). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Patchin, J. W., & Hinduja, S. (2012). Cyberbullying prevention and response. New York: Taylor and Francis Group

Prayitno. (2012). Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Program Profesi Konselor. Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang

Prayitno, & Amti, E. (2013). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Raskauskas, J., & Stoltz, A. D. (2007). Involvement in traditional and electronic bullying among adolescents. Developmental Psychology. 43(3), 564-575.

Safaria, T. (2016). Prevalence and impact of cyberbullying in a sample of indonesian junior high school students. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 15 (1), 82-91

Sakban, A. (2019). Pencegahan cyberbullying di indonesia. Deepublish.

Teasley, M. (2013). Cyberbullying, youth behavior and society. Journal of Child & Adolescent Behavior, 2(1), 1-2.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2006). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Yuniarrahmah, E., & Adiyanti, M. G. (2019). Cyberbullying dan remaja: Studi Pendahuluan

Yusuf, A. M. (2007). Metode penelitian. UNP Press: Padang




DOI: 10.24036/0972cic
10.24036/0972cic

Article Metrics

Abstract View : 39 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syukri Ramadhani, Indah Sukmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.