Studi Literatur: Efektivitas Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemandirian Belajar

Azahra Hardi Cusinia(1), Neviyarni Suhaili(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Pendidikan saat ini menghadapi tantangan untuk mempersiapkan siswa menjadi pembelajar mandiri yang dapat menghadapi kompleksitas masyarakat kontemporer. Artikel ini mengeksplorasi efektivitas metode pembelajaran Quantum Learning dalam memperkukuh kemandirian belajar siswa. Melalui analisis kritis terhadap berbagai sumber literatur yang mencakup teori-teori, temuan empiris, dan konsep-konsep yang terkait, penelitian ini merangkum dan menyintesis informasi yang relevan untuk mengidentifikasi tren, pola, dan bukti-bukti empiris terkait dampak Quantum Learning pada kemandirian belajar. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa Quantum Learning, sebagai pendekatan pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif, komunikasi, dan pemahaman mendalam, memiliki dampak positif terhadap kemandirian belajar siswa. Integrasi prinsip-prinsip Quantum Learning, seperti pembelajaran kolaboratif dan penekanan pada pemberdayaan siswa, dikaitkan dengan peningkatan motivasi intrinsik, rasa tanggung jawab, dan kemampuan belajar mandiri. Tinjauan ini mengidentifikasi elemen-elemen kunci dalam Quantum Learning yang berkontribusi pada pengembangan kemandirian belajar, termasuk lingkungan pembelajaran yang mendukung, peran guru sebagai fasilitator, dan pemanfaatan teknologi dalam mendukung interaktivitas. Implikasi praktis dari temuan ini dapat membimbing para pendidik dalam mengintegrasikan metode Quantum Learning ke dalam strategi pembelajaran mereka untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa.

References

Ahmad, & Joko. 1997. Model Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ali, M., & M. Asrori. 2009. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Enung Fatimah. 2008. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Fadillah, M. 2014. Edutaiment Pendidikan Usia Dini “Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, Dan Menyenangkan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Fitriani, D. (2015). Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Vii Smp (Doctoral Dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).Kosasih, N. 2013. Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.

Martini, T. A. (2012). Implementasi Strategi Quantum Learning Dengan Mengoptimalkan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pokok Bahasan Segi Empat (PTK di Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2011/2012) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Nggermanto, A. 2001. Quantum Quotient. Bandung: Nuansa.

Martini, N. M., Rasna, W., & Artawan, I. G. (2014). Implementasu Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMKN 1 Abang. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 21–26.

Oktavia, Y., & Hulu, F. (2018). Quantum Learning Method in Indonesian Language Course. 148(Icla 2017), 358–361.

Samsiah, & Turdjai. (2019). Penerapan Pembelajaran Quantum untuk Meningkatkan Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 9(1), 90–97.

Sutikno. 2016. Desain Pembelajaran Dalam Transportasi Pendidikan Teknologi. Yogyakarta: Lentera Kresindo.

Tirtahardja, U., and L. Sulo. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusuf, A., & Nurhidayatullah, N. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(2), 99.




DOI: 10.24036/0975cic
10.24036/0975cic

Article Metrics

Abstract View : 13 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Azahra Hardi Cusinia, Neviyarni Suhaili

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.