Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecemasan Korban Bullying

Fitri Lailatul(1*), Yeni Karneli(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adan siswa SMAN 1 Ulakan Tapakis yaitu adanya siswa merasa tidak berguna, merasa malu, dendam, kesal, tertekan, takut, malu, sedih, tidak nyaman dan merasa terancam,dan tidak percaya diri saat di olok-olok  dan dikucilkan. penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kontrol diri (2) mendeskripsikan kecemasan korban bullying (3) menguji apakah tedapat hubungan antara kontrol diri dengan kecemasan korban bullying. Jenis penelitian deskriptif korelasional, populasi penelitian ini sebanyak 106 orang siswa  yang terdaftar korban bullying  di kelas X dan XI SMAN 1 Ulakan Tapakis dengan sampel 60 orang siswa kecemasan korban bullying yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, instrument yang digunakan angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kontrol diri siswa berada pada kategori rendah, (2) kecemasan korban bullying berada pada kategori tinggi (3) terdapat hubungan negatif signifikan antara kontrol diri dengan kecemasan korban bullying dengan indeks korelasi -0,53 pada tingkat hubungan sedang

Keywords

Kontrol Diri, Kecemasan Korban Bullying

References

Amti, E. dan P. (2004). Layanan bimbingan dan konseling kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas.

Anggarawati, D., Hakim, S. N., Psikologi, F., & Muhammadiyah, U. (2018). Siswa SMA,. 3(November), 463–469.

Febriana, B. (2017). Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying MelaluiTerapi Kognitif. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(2), 1–8.

Goleman, D. (2004). Kecerdasan Emosi: Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan Alex Tri Kantjono. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama.

Hakim, L., Igga, N., & Meiyuntaningsih, T. (2019). Pengaruh art thetapy untuk menurunkan kecemasan sosial korban bullying ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam (JPPI), 16(2), 8–12.

Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 41–49.

Hayat, A. (2017). Kecemasan dan Metode Pengendaliannya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 12(1), 52–63.

Maulidinda, R., Dalimunthe, R. Z., & Wibowo, B. Y. (2021). Jurnal Edukasi Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Mutual Storytelling Untuk Mereduksi Kecemasan Korban Bullying. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbindan Konseling, 7(2), 134–147.

Nasional, P., Utami, T. W., Astuti, Y. S., Bandung, P. K., Studi, P., & Bogor, K. (2019). Hubungan Kecemasan Dan Perilaku Bullying Anak Sekolah The Relationship Anxiety And Bullying Behavior In Elementary. 2(1), 6–11.

Nevid, J. D. (2017). Studi Abnormal. Jakarta: Selemba Humanika.

Netrawati, Khairani & Karneli, Y. 2018. Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol. 2 (1).

Niman, S., Saptiningsih, M., Tania, C., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Borromeus, S. (2019). Kecemasan Remaja Korban Bullying Effect of Expressive Writing Therapy Towards the Level of Anxiety Analysis of Victims of Bullying. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 179–184.

Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76.

Salmi, S., Hariko, R., & Afdal, A. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 88.

Sarastika, P. (2014). Manajemen Pikiran Untuk Mengatasi Stress, Depresi, Kemarahan, dan Kecemasan. Yogyakarta: Araska.

Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166.

Yunika, R., Alizamar, A., & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang. Konselor, 2(3), 21–25.

Yusuf, A. M. (2014). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Padang: Prenadamedia Group.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330.




DOI: 10.24036/0889cons
10.24036/0889cons

Article Metrics

Abstract View : 55 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.