Konsep Dukungan Sosial dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMP dan SMA

Fera Arianti(1*), Zulian Fikry(2), Mario Pratama(3), Zakwan Adri(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada siswa yatim anak asuh human initiative di Bukittinggi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang siswa yatim anak asuh Human initiative di Bukittinggi yang diambil menggunakan teknik purposif sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis product moment yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 29.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara variabel dukungan sosial dengan variabel motivasi berprestasi dengan nilai P= 0,002 (p<0,05).


Keywords

Dukungan Sosial, Motivasi Berprestasi, Siswa Yatim Anak Asuh Human initiative

References

Abidin, F. (2022, Mei 29). Kisah akbar, anak yatim 10 tahun yang putus sekolah akibat keterbatasan kkonomi. Retrieved from IDXChannel: https://www.rctiplus.com/news/detail/gaya-hidup/2435181/kisah-akbar-anak-yatim-10-tahun-yang-putus-sekolah-akibat-keterbatasan-ekonomi

Adnan, A. Z. (2016). Pengaruh dukungan sosial terhadap harga diri remaja desa wonoayu kecamatan wajak. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 13(2), 53. doi:10.18860/psi.v13i2.6442

Alhafid, A. F. (2020). Kontribusi dukungan Sosial orang tua dan peran teman sebaya terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X dan XI di SMA negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 284-300.

Amseke, F. (2018). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 65-81. Retrieved from https://ejournal.upg45ntt.ac.id/ciencias/article/view/17

Ariyani, S. N. (2018). Tren angka putus sekolah pendidikan sekolah menengah. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 7(4), 440-451. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/view/13142

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2017). Penyusun skala psikologi (2th ed). Pustaka Belajar.

Bakri. (2016, April 24). Syarifah riska yunita, siswi yatim yang lolos ke amerika. Retrieved from aceh.tribunnews.com: https://aceh.tribunnews.com/2016/04/24/syarifah-riska-yunita-siswi-yatim-yang-lolos-ke-amerika

Dewi, T. U. (2022). Training on making dream trees for improving student learning motivation. Abdimas Galuh, 4(1), 516. doi:10.25157/ag.v4i1.7247

Emeralda, G. N. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua sekolah menengah pertama. Empati, 7(3), 154-159. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/178064/hubungan-antara-dukungan-sosial-orang-tua-dengan-motivasi-belajar-pada-siswa-sek

Fadilla, H. D. (2022). Pengaruh bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah terhadap motivasi berprestasi siswa. Ta'dibuna Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 293-304. Retrieved from http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v11i2.7113

Galugu, N. S. (2019). Motivasi berprestasi sebagai mediasi pada hubungan antara dukungan sosial dan keterlibatan siswa di sekolah. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 72.

Hakim, A. (2020). Faktor penyebab anak putus sekolah. Jurnal Pendidikan, 21(2), 122-132. doi:10.33830/jp.v21i2.907.2020

Humas01. (2017, Mei 6). Rifan, anak yatim dengan segudang prestasi. Retrieved from jateng.kemenag.go.id: https://jateng.kemenag.go.id/berita/rifan-anak-yatim-dengan-segudang-prestasi/

Hanief, Yulinggga Nanda., & Himawanto, Wasis. (2017). Statistik pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Pendidikan/jfZRDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=statistik+pendidikan+yulingga+nanda+hanief&pg=PR5&printsec=frontcover

Ibrahim, I. D. (2020). Pengaruh motivasi dan dukungan keluarga terhadap prestasi Belajar Mahasiswa selama penggunaan e-learning masa pandemi covid 19 (studi kasus pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas bumigora). Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 2(2), 265-278. doi:10.30812/target.v2i2.101

Irawan, P. (2010). Hubungan persepsi terhadap kompetensi guru dengan motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP negeri 2 tirto. (Disertation, UNDIP). http://eprints.undip.ac.id/24804/

Kemendikbud. (2020, Oktober 02). Prestasi indonesia di internasional. Retrieved from ditpsd.kemendikbud.go.id: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/tim-indonesia-bulgaria-international-math-competition

Khairani, N. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi kerja pada satpam universitas diponegoro kampus tembalang. JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(3), 531-534. Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm

Khalijah, W. N. (2023). Peranan metode Pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar al-qur’an hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 267-278.

Kusrini, W. (2014). Hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi bahasa Inggris siswa kelas VII SMP negeri 6 boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), 131-140.

Lomu, L. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745-751.

Mawarsih, S. E. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA negri jumapolo. Jupe UNS, 1(3), 1-13.

McClelland, D. C. (1987). Human motivation. New York: Cambridge University Press.

Mufarrikoh, Z. (2020). Statistik pendidikan (konsep sampling dan uji hipotesis. Surabaya: Jakad Media Publishing. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Statistika_Pendidikan_Konsep_Sampling_da/hknWDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+hipotesis+adalah&printsec=frontcover

Muhyi, M., Hartono., Budiyono, S.C., Satianingsih. R., Sumardi., Rifai, I., Zaman, A.Q., Astutik, E.P., Fitriatien, S.R. (2018). Metodologi penelitian. Adi Buana University Press. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/METODOLOGI_PENELITIAN/4HTLEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=variabel+bebas&pg=PA26&printsec=frontcover

Nasution, S. I. (2017). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap motivasi berprestasi mahasiswa prodi manajemen pendidikan islam fakultas tarbiyah dan keguruan UIN raden intan lampung. Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 38-54.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pendekatan_statististika_Modern_untuk_Il/1j_O7aHTZD8C?hl=id&gbpv=1&dq=pendekatan+statistika+modern+untuk+ilmu+sosial&pg=PA2&printsec=frontcover

Nugraha, Billy. (2022). Pengembangan uji statistik: implementasi metode regresi linier berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Pradina Pustaka. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pengembangan_Uji_Statistik/PzZZEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=uji+linier&printsec=frontcover

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 13-24. doi:10.24269/dpp.v3i2.83

Purwanto, E. (2014). Model motivasi trisula: sintetis baru teori motivasi berprestasi. Jurnal Psikologi, 41(2), 218. doi:10.22146/jpsi.6951

Roflin, Eddy. (2021). Populasi, sampel, variabel dalam penelitian kedokteran. Jawa Tengah: NEM. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_VARIABEL_DALAM_PENELITIA/ISYrEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=total+sampling+adalah&pg=PA14&printsec=frontcover

Saifuddin, A. (2020). Penyusun skala psikologi. Jakarta: Kencana. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Penyusunan_Skala_Psikologi/H4P1DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=reliabilitas+alat+ukur+azwar&printsec=frontcover

Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidika Guru Sekolah Dasar, 10-17.

Sestiani, R. A., Muhid. A. (2021). Pentingnya dukungan sosial terhadap kepercayaan diri penyintas bullying: literature review. Jurnal Tematik, 3(2), 245-251.

Singh, K. (2011). Study of achievement motivation in relation to academic achievement of students. International Journal of Educational Planning & Administration, 2249-3093.

Suciani, D. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa esa unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 12, 44.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta

Suprianto, G. B. (2016). Pengaruh kecerdasan adversitas dan dukungan sosial terhadap motivasi berperestasi atlet selam di surabaya. Jurnal Dinamika, 2, 74-90.

Toding, W. R. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 fakultas kedokteran universitas sam ratulangi. Jurnal e-Biomedik, 3(1), 72. doi:10.35790/ebm.3.1.2015.6619

Trisnowali, A. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi, minat belajar matematika, dan sikap belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMAN 2 watampone. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 259-278. doi:10.24252/mapan.v5n2a8

Winarsunu, Tulus. (2002). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan, Malang: UMM Press.

Winarsunu, Tulus. (2017). Statistik dalam penelitian psikologi dan pendidikan. Malang: UMM Press. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/STATISTIK_Dalam_Penelitian_Psikologi_dan/lggHEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Statistik+dalam+penelitian+psikologi+dan+pendidikan.&pg=PA2&printsec=frontcover

Yanti, F. A. (2021). Peningkatan motivasi pada anak yatim piatu untuk mengikuti jenjang pendidikan formal di yayasan yatim piatu desa mekarmukti lampung timur. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(1), 25-31. doi:10.36312/sasambo.v3i1.382

Zimet, G. D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G., Farley, G.K. (1988). Multidimensional scale of perceived social support (MSPSS)-scale items and scoring information survey project view project. J Pers Assess, 52, 30-41. Retrieved from http://gzimet.wix.com/mspss

Zimet, G. D., Dahlem, N.W., Zimet, S.G., Farley, G.K. (1988). The multidimensional scale of perceived social support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30-41. doi:10.1207/s15327752jpa5201_2




DOI: 10.24036/0957cons
10.24036/0957cons

Article Metrics

Abstract View : 33 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.