Learning Skills of Junior High School
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Alizamar. (2012). Model Pendekatan Kelompok dalam Pengembangan Kegiatan Belajar Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Baru Universitas Negeri Padang). Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.
Ansyar, M. 2006. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.
Credé, M., & Kuncel, Nathan, R. (2008). Study Habits, Skills, and Attitudes: The Third Pillar Supporting Collegiate Academic Performance Marcus. Article Online, 3(6), 424–453. https://doi.org/10.1111/j.1745-6924.2008.00089.
Chuvgunova, O., & Kostromina, S. (2016). Planning as a Learning Skill of Students. Article Online, 217, 132–138. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.045.
Daharnis & Ardi, Z. (2016). The Compatibility Student Choice of University Majoring; a Preliminary Studies. Journal of Guidance and Counseling. 2(1). 101-109.
Daharnis. (2011a). “Analisis Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP Ditinjau dari Mutu Kegiatan Belajar, Angkatan, Status Masuk & Jenis Kelamin”. Laporan Penelitian. Padang: UNP.
Dasril. (2002). Masalah Siswa dalam Prasyarat Penguasaan Materi Pelajaran dan Keterampilan Belajar Serta Peranan Guru Mata Pelajaran dan Guru Menengah Umum Negeri 1 Batusangkar. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.
Desrina, I., Agustina, & Effendi, Haris, T. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis RIngkasan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Siswa Kelas VIII 7 SMP Negeri 1 Batusangkar. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 1(3), 47–59.
Dhian, A. (2016). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3 Tahun ke-5.
Farid, H. M. N. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar, Sarana Belajar dan Lingkungan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 38–46.
Fikriyanda, F., Daharnis, D., & Yuca, V. (2018). The Profile of Students Activities; Before, During and After Learning. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 49–54.
Gettinger, M. dan Seibert, J.K. 2002. Contributions of Study Skills to Academic Competence. School Psychology Review, Volume 31 (3); 350-365.
Gie. (2002). Cara Belajar yang Efisien (Jilid I Ed). Yogyakarta: PUBIB (Pusat Belajar Ilmu Berguna).
Gündüz, G. F., & Selvi, K. (2016). Developing a “ Self-directed Learning Preparation Skills Scale for Primary School Students ”: Validity and Reliability Analyses. Universitas Journal of Educational Research, 4(10), 2323–2340. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.041011.
Hastarita. (2013). Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Keterampilan Belajar. Bandung: UPI.
Hidayat, M., & Bangkalan, M. (2015). Pengaruh Kegiatan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi pada Siswa Kelas IX IPS di MAN Bangkalan. Jurnal. 3(1). 103-114.
Ilyas. (2015). Penerapan Model Pembelajar Cooperative Learning Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IX F pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal, 1(2).
Irsyad, D., & Elfi. (2004). Seri Layanan Bimbingan dan Konseling (Buku II) Bimbingan Belajar Belajar untuk Belajar. Padang: Bukit Tinggi.
Jansen, E. P. W. A., & Suhre, C. J. M. (2010). The Effect of Secondary School Study Skills Preparation on First-year University Achievement. Article Online, 36(5), 569–580. https://doi.org/10.1080/03055691003729070.
Juneja, C. (2016). Study Skills of Learners With Learning Difficulty. International Journal of Social Science and Humanities Research. 4(2). 490-494.
Karneli, Y. (2004). Mutu Kegiatan dan Keterampilan Belajar Siswa. FIP UNP: Forum Pendidikan.
Konadi, H., Mudjiran, & Kareli, Y. (2017). Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy melalui Bimbingan Kelompok untuk Mengatasi Stres Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 6(4), 120–131. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02017647887-0-00 Received.
Krishnan, S. (2015). Student-Centered Learning in a First Year Undergraduate Course. Internasional Journal, Teaching and Educational Research, 11(2), 88–95.
MacCullagh, L., Bosanquet, Dr. A., & Badcock Dr. N. A. (2016). University Students with Dyslexia: A Qualitative Exploratory Study of Learning Practices, Challenges and Strategies. (article). doi: 10.1002/dys.1544.
Munirah. (2017). The Effectiveness of Concept Sentence Model toward Writing Skill of Persuasive Paragraph. Journal, 7(2), 112–121. https://doi.org/10.17507/tpls.0702.04.
Nurmayasari, K., & Murusdi, H. (2015). Hubungan antara Berpikir Positif dan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi. 3(1). 8-15.
Paul, E., Don, & Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajar Konten dan Keterampilan Berpikir. Terjemahan oleh Satrio Whono. Jakarta: Indeks.
Prayitno. (2007). Peningkatan Potensi Mahasiswa. Padang: UNP Press.
Satgagus, 3SCPD. (2002). Seri Pemandu Keterampilan Belajar. Padang: Tim Pengembangan 3SCPD Proyek PGSM Depdikbud.
Sedanayasa, G. (2003). Model Kolaborasi Pembimbing & Guru dalam Peningkatan Keterampilan Belajar Siswa dengan Pendekatan Multimodal. Disertasi UPI
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafni, E., Syukur, Y., & Ibrahim, I. (2013). Masalah Belajar Siswa dan Penanganannya. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(2). 15-19.
Yusri. (2010). Pengaruh Kegiatan Kelompok Belajar terhadap Peningkatan Mutu Keterampilan Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada SMA Negeri 13 Padang). Tesis tidak diterbitkan. Universitas Negeri Padang.
Zahri, T. N., Yusuf A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor. 6(1). 18-23.doi:10.24036/02017615734-0-00.
DOI: 10.24036/005300ijaccs
Article Metrics
Abstract View : 794 timesPDF : 397 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.