The Effectiveness of Information Services with the Jigsaw Cooperative Learning Model to Improve the Understanding of Discipline Learning of the Student
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Ahmad, R. (2017). Buku ajaran bimbingan klasikal. Padang: Sukabina Perss.
Arends R. (2008). Learning to each mc. Graw : Hill International Edisi tujuh Pustaka Pelajar.
Fadrian, A., & Irianto, A. (2014). Pengaruh kemandirian belajar, disiplin belajar dan motivasi berprestasi terhadap perilaku menyontek mahasiswa fakultas ekonomi universitas negeri padang.
Glading, Samuel T. (2012). Konseling: profesi yang menyeluruh. Jakarta: Indeks.
Hartin. (2019). Pembelajaran kooperatif tipe stad dalam peningkatan minat belajar dan disiplin siswa di sdn 18 baruga, 25, 108–134.
Imron, A. (2012). Manejemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kessler, C . (1992) Cooperative language learning . New Jersey : Prentice Hall Regents.
Lie, A. (2002), Cooperative learning (mempraktikkan cooperative learning di ruang- ruang kelas), Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Musthofa, K. (2013). Pembelajaran fisika dengan cooperative learning tipe jigsaw untuk mengoptimalkan aktivitas dan kemampuan kognitif siswa kelas x-6 SMA MTA surakarta. Jurnal pendidikan fisika, vol.1(1).
Mayer, R.E. (1989). Systematic thinking fostered by systematic illustrations in scientific text. Journal of Educational Psychology, Vol 8 (1).
Oki, S. S., Syukur, Y., & Sukma, D. (2013). Peningkatan motivasi belajar anak asuh melalui layanan bimbingan kelompok di panti asuhan al-falah padang. Konselor, 2(4).
Prayitno. (2012). Jenis layanan dan kegiatan pendukung. Padang: FIP UNP.
Purwanto, N. (2007). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafruddin. (2005). Hubungan antara disiplin belajar dan perhatian orangtua dengan hasil belajar bahasa Indonesia SMA PGRI Sungguminas Kabupaten Gowa. Jurnal Edukasi. No. 2. 79-85. FIP. Universitas Negeri Makasar.
Sarlito W, Sarwono. (2012). Psikologi remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Suparno, P. (2007). Metodologi pembelajaran fisika: kontrutivistik dan menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Sudjana, N. (2011). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Tu’u, T. (2012). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Willis, S.S. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Agus. (2013). Manejemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winkel & Hastuti, S. (2013). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abad.
DOI: 10.24036/005313ijaccs
Article Metrics
Abstract View : 286 timesPDF : 144 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.