Parental Attention and Learning Motivation Contribution to Career Planning of Vocational School Students
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. JUrnal Fokus Konseling, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.26638/jfk.70.2099
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anisah, L. (2015). Model layanan informasi karir dengan teknik field trip untuk meningkatkan perencanaan karir siswa SMK di kabupaten Demak. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Ardillani, S. P., & Nurjamaludin, M. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Karir Dengan Motivasi Belajar Siswa. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(2), 178–183.
Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2), 164–180. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i2.2543
Clements, A. J., & Kamau, C. (2018). Understanding students’ motivation towards proactive career behaviours through goal-setting theory and the job demands–resources model. Studies in Higher Education, 43(12), 2279–2293. https://doi.org/10.1080/03075079.2017.1326022
Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi siswa tentang kesesuaian perencanaan arah karir berdasarkan pilihan keahlian siswa sekolah menengah kejuruan. Konselor, 6(2), 74–82.
Hariko, R., & Anggriana, T. M. (2019). Reviewing the role of families in student career planning. Konselor, 8(1), 6–11. https://doi.org/10.24036/0201981102526-0-00
Herin, M., & Sawitri, D. R. (2017). Dukungan Orang Tua Dan Kematangan Karir Pada Siswa Smk Program Keahlian Tata Boga. Jurnal Empati, 6(1), 301–306.
Isnain, M., & Nurwidawati, D. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI DI SMKN 1 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 05(02), 1.
Isra, F., Prayitno, P., & Karneli, Y. (2020). Hubungan motivasi siswa memilih sekolah terhadap perencanaan arah karier. Jurnal KOPASTA, 7(2), 85–93.
Khomsatun, L., Ign.Wagimin, & Susantiningrum. (2012). Pengaruh Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Terhadap Kematangan Karir. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 2(2), 117578.
Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187.
Leksana, D. M., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2013). Pengembangan modul bimbingan karir berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan kematangan karir siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1).
Miskiya, L., Suharso, S., & Nusantoro, E. (2014). Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier Siswa Sma Negeri Se-Kabupaten Tegal. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 24–28.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh kemandirian belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).
Perry, J. C., Liu, X., & Pabian, Y. (2010). School Engagement as a Mediator of Academic Performance Among Urban Youth: The Role of Career Preparation, Parental Career Support, and Teacher Support. The Counseling Psychologist, 38(2), 269–295. https://doi.org/10.1177/0011000009349272
Pratiwi, A., & Koesdyantho, A. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Perencanaan Karir Pada Siswa Kelas X Ips Di Man 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Medi Kons, 5(2).
Pratiwi, N. T., Simarmata, S. W., & Arizal, J. (2018). Hubungan Keterlibatan Orangtua Dengan Perencanaan Karir Siswa Kelas Xi Smk Swasta an-Naas Binjai Tahun Pelajaran 2018/2019. Serunai : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 146–152. https://doi.org/10.37755/sjip.v4i1.91
Putra, F. W., Yusuf, A. M., & Solfema, S. (2019). Analysis of parent support in career planning of vocational students. Konselor, 8(2), 47–51.
Putra, F. W., Yusuf, A. M., & Solfema, S. (2020). Contribution of Self-Efficacy and Parental Support to Career Planning of Vocational Students. 1st Progress in Social Science, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019), 612–617.
Rintyastini, Y., & Charlotte, S. Y. (2006). Bimbingan dan Konseling SMP untuk Kelas VIII. In Jakarta: Erlangga.
Sharf, R. (2016). Applyig career development theory to counseling. Cole Publishing Company.
Sugiyono. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugma, A. R. (2019). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Kematangan Karir Siswa SMK Swasta Al-Maksum Stabat. Jurnal Sintaksis, 1(1), 1–6.
Sya’diyah, N., & Fachrurrozie. (2020). Pengaruh lingkungan teman sebaya dan perencanaan karir sebagai variabel mediasi. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 601–614. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.39468
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo.
Wang, C. C. (2017). Chinese nursing students at Australian universities: A narrative inquiry into their motivation, learning experience, and future career planning. Edith Cowan University.
Watt, H. M. G., & Richardson, P. W. (2007). Motivational factors influencing teaching as a career choice: Development and validation of the FIT-Choice scale. The Journal of Experimental Education, 75(3), 167–202.
Yusuf, A. M. (2002). Kiat Sukses Dalam Karier. Ghalia Indonesia.
Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Prenamedia Group.
DOI: 10.24036/005421ijaccs
Article Metrics
Abstract View : 254 timesPDF : 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.