The differences of work stress on teachers based on demographic factors
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Anoraga, P. (2015). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Christyanti, D., Mustami’ah, D., & Sulistiani, W. (2012). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan Media Psikologi, 12(3).
Eria, E. (2013). Peranan Tingkat Penghasilan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS Swasta. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 1(2), 37056.
Fathonah, S., & Renhoran, C. R. (2021). Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aliyah Di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 57–71.
Ferlia, D. A., Jayanti, S., & Suroto, S. (2016). Analisis Tingkat Stres Kerja Pada Guru Tuna Grahita Di Sekolah Dasar Luar Biasa (Sdlb) Negeri Purwosari Kudus. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(3), 331–341.
Gintings, A. (2010). Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran; Disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Bandung: Humaniora Utama Press
Handoko, T. H. (2013). Manajamen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasan, A. B. (2008). Pengantar Psikologi Kesehatan Islami. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kamal, M. A. (2015). Hubungan Bising Subyektif Dengan Persepsi Stres Pekerja Menggunakan Skor Skala Persepsi Stres Serta Faktor-Faktor Lain Pada Pekerja PT K. Jakarta
Khilmiyah, A. (2017). Stres kerja guru perempuan di kecamatan kasihan bantul yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(2), 135–143.
Li, Y., & Zhang, R.-C. (2019). Kindergarten teachers’ work stress and work-related well-being: A moderated mediation model. Social Behavior and Personality: An International Journal, 47(11), 1–11.
Luma, M. (2018). Hubungan Lingkungan Kerja dengan Stres Kerja Guru di SDN Se-Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1).
Mangkunegara, A. A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).
Pertiwi, N. Y., & Wardani, I. Y. (2019). ingkat Stres Kerja dan Strategi Koping Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 9(2), 155–164.
Prasetyo, A. Y., Fathoni, A., & Malik, D. (2018). Analisis Pengaruh Konflik Keluarga-Pekerjaan, Hardiness, Self Efficacy terhadap Stress Kerja dengan Dukungan Sosial sebagai Variabel Moderasinya (Studi pada Guru Demak). Journal of Management, 4(4).
Purba, J., Yulianto, A., Widyanti, E., Esa, D., & Esa, M. (2007). Pengaruh dukungan sosial terhadap burnout pada guru. Jurnal Psikologi, 5(1), 77–87.
Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85.
Subana, M. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Suma’mur, P. K. (2009). Corporate Hygiene and Occupational Health. Jakarta: Sagung Seto.
Suparman. (2018). Identifikasi Gejala Stres pada Guru Tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Lentera Harapan Tangerang. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 8, 1.
Taufik, T., Ifdil, I., & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 1(2), 143–150.
Vanchapo, A. R. (2020). Beban Kerja dan Stres Kerja. Surabaya: Qiara Media.
Wahdaniyah, N., & Miftahuddin, M. (2019). Pengaruh Hardiness, Beban Kerja, dan Faktor Demografi Terhadap Stres Kerja Guru. Tazkiya Journal of Psychology, 6(1).
DOI: 10.24036/005443ijaccs
Article Metrics
Abstract View : 392 timesPDF : 257 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.