Penyesuaian Diri Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 serta Implikasinya dalam Layanan BK

Nadya Desti(1), Daharnis Daharnis(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang sulit menyesuaikan diri terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang berlangsung di dalam jaringan, dengan memanfaatkan jaringan internet  dalam proses pembelajarannya. Dalam pembelajaran daring siswa menyesuaikan diri dengan pembelajaran yang baru yaitu belajar di rumah dengan menggunakan HP. Penelitian  ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Populasi penelitian sebanyak 129 orang siswa yang berada pada kelas VII, VIII, IX di SMPN 3 Kec. Pangkalan Koto Baru, yang terdaftar pada semester Januari-Juni Tahun Ajaran 2021/2022. Dalam penelitian ini tidak dilakukan penarikan sampel sehingga responden penelitian berjumlah 129 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan model skala Likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian secara keseluruhan dalam penyesuaian diri siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 berada pada kategori cukup baik dengan rata-rata 103,2 dan persentase 64,5% dari skor ideal.


References

Asmuni, A. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Ali & Asrori. 2008. Psikologi Remaja; Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ardi, Z., Daharnis, D., Yuca,V., & Ifdil, I. 2021. Concroversy in Determining Criteria and Exproring the Research Data; Analysis of Assessment Procedures in the Social Science Research. Psikologi and Education Journal, 58 (1), 4109-4115.

Fau, S., Firman & Mudjiran. 2016. Kontribusi Konsep Diri Akademik dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris serta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan Dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Konselor. Vol 5(4).

Fatimah. 2008. Faktor Kesehatan Lingkungan Rumah yang Berhubungan dengan kejadian TB di Kabupaten cilacap. Tesis. Semarang; Universitas Diponegoro

Fajriani, Yulizar, Bahri S, & Bakar A. 2020. Penyesuaian Diri Siswa terhadap Pembelajaran Daring di SMA Laboratorium Unsyiah Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional 2020. Penguatan Pendidikan Karakter pada Era Merdeka Belajar. Surabaya: UNS.

Fauziyah, N. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Al-Mau’Izhoh, 2(2), 1–11.

Hasibuan M.F, Firman, & Ahmad, R. 2016. Efektivitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Mengurangi Sikap Siswa terhadap Gaya Hidup Hedonisme. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia). Vol 2(1), 1-11.

Hurlock, E. B. 2004. Perkembangan Anak Terjemahan oleh Tjandrana, Maitasari dan Zarkasih, Muslichah. Jakarta: Erlangga.

Malyana, A. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 2(1), 67-76.

Mieke Irmodes Aurel, dkk. 2021. Pengalaman Belajar terhadap Durasi Penyesuaian Diri dalam Pembelajaran daring. Jurnal Proceding of Inter Islamic University Conference on Psikology, Vol 1 No 1.

Prayitno dan Erman A. 2004. Pelayanan Konseling Perorangan. Padang: FKIP UNP

Schneiders. 1964. Personal Adjusment and Mental health. New York: Rinehart &Winston.

Siti sundari. 2005. Kesehatan mental dalam kehidupan. Jakarta: Asdi Mahasatya.




DOI: 10.24036/0001023chr2024
10.24036/0001023chr2024

Article Metrics

Abstract View : 9 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadya Desti Desti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.