Analisis kecemasan akademik mahasiswa bimbingan dan konseling

Yona Mita Soma(1), Daharnis Daharnis(2*), Taufik Taufik(3), Puji Gusri Handayani(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena mahasiswa yang mengalami kecemasan akademik pada saat menjalani proses perkuliahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecemasan akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah 458 mahasiswa yang terdaftar di angkatan 2020, 2021, dan 2022 Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) FIP UNP pada semester Juli-Desember 2023 dengan sampel penelitian sebanyak 246 mahasiswa yang dipilih dengan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrumen kecemasan akademik mahasiswa dengan skala model Likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji Anava dua arah dengan bantuan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menggambarkan kecemasan akademik mahasiswa BK ditinjau dari aspek pengerjaan tugas, mengikuti perkuliahan, dan menghadapi ujian berada pada kategori sedang. Implikasi hasil penelitian terhadap BK yaitu dengan memberikan layanan konseling individual, layanan konseling kelompok, dan layanan bimbingan kelompok.


References

Anggraeini, N. (2018). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa tingkat tiga D-III Keperawatan dalam menghadapi uji kompetensi di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal pendidikan keperawatan indonesia, 1(2), 131-139.

Annisa, D. F., & Ifdil, I. (2016). Konsep kecemasan (anxiety) pada lanjut usia (lansia). Konselor, 5(2), 93-99.

Ardi, Z., Daharnis, D., V. Yuca., & Ifdil, I. (2021). Controversy in Determining Criteria and Categories in Summarizing and Exploring The Research Data; Analysis of Assessment Procedures in The Social Science Research. Psychology and Education Journal, 58(1), 4109-4115.

Aristawati, A. R., Pratitis, N., & Ananta, A. (2020). Kecemasan akademik mahasiswa menjelang ujian ditinjau dari jenis kelamin. Sukma: Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1).

Fadhillah, R., & Afdal, A. (2024). Gambaran Kecemasan terhadap Pernikahan di Tinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7277-7289.

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208-214.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi media digital mahasiswa universitas muhammadiyah bengkulu. Jurnal komunikator, 8(2), 51-66.

Marthoenis, M., Meutia, I., Fathiariani, L., & Sofyan, H. (2018). Prevalence of depression and anxiety among college students living in a disaster-prone region. Alexandria Journal of Medicine, 54(4), 337-340.

Novitria, F., & Khoirunnisa, R. N. (2020). Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 11-20.

Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self efficacy siswa. Konselor, 2(2).

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579-596.

Sukarta, S., & Sukma, D. R. (2013). Pengembangan Sistem Informasi Akademik pada SMPN 36 Bandung. Jurnal Teknologi dan Informasi, 3(2), 29-36.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-hambatan belajar yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah dasar desain jurusan IKK FPP UNP. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120-128.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/0001025chr2024
10.24036/0001025chr2024

Article Metrics

Abstract View : 35 times
PDF : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yona Mita Soma, Daharnis Daharnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.