PERSEPSI SISWA TENTANG DISIPLIN SEKOLAH DI SMPN 32 PADANG

Utari Utari(1*), Dina Sukma(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang disiplin sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populas dalam penelitian ini sebanyak 393 siswa SMPN 32 Padang tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel sebanyak 198 siswa yang dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument berupa angket atau kuesioner persepsi siswa tetang kedisiplin sebanyak 26 item. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa tentang kedisiplian berada pada kategori tinggi dengan persentase 60,61%. Sedangkan persepsi siswa ditinjau dari aspek berpakaian berada pada kategori sedang dengan persentase 43,93%, berdasarkan aspek ketepatan waktu berada pada kategori tinggi dengan persentase 54,55%, berdasarkan aspek perilaku sosial berada pada kategori tinggi dengan persentase 55,56% dan berdasarkan aspek etika belajar berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 50,51%. Layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu layanan informasi, layanan individu dan layanan bimbingan kelompok.


References

Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game Online: Penanganannya dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9–20. https://doi.org/10.34005/guidance.v17i02.1166

Hendri, Y., Daharnis, D., & Nurfahanah, N. (2016). Pelanggaran Tata Tertib yang dilakukan oleh Siswa Di sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 3(2), 47. https://doi.org/10.24036/02014322979-0-00

Monalisa. (2010). Perilaku Menyimpang Siswa. BK FIP UNP.

muh Shochib. (2010). pola asuh orangtua dalam membntu anak mengembangkan disiplin diri. Rineka Cipta.

Nulhusni, N., & Marjohan, M. (2019). Relationship of Locus of Control with Middle School Student Discipline. Jurnal Neo Konseling, 1(3). https://doi.org/10.24036/00129kons2019

Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210

Rivai. (2018). Hubungan Persepsi Siswa tentang Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah dengan Sikap Disiplin Siswa di MTsN (thesis). university of muhammadiyah malang.

Sanderi, F. ., . M. ., & Sukmawati, I. . (2013). Kepatuhan Siswa Terhadap Disiplin Dan Upaya Guru Bk Dalam Meningkatkannya Melalui Layanan Informasi. Konselor, 2(1), 220–224. https://doi.org/10.24036/02013211008-0-00

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum. Pustaka Setia Bandung.

Sugiyono. (2016). metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukma, D. (2018). Concept and application group guidance and group counseling base on prayitno’s paradigms. 7.

Tu’u, T. (2004). peran disiplin pada perilaku danprestasi siswa. Gramedia Widiasarana.

Yusuf. (2014). metode penelitian. predana media group.




DOI: 10.24036/0001043chr2024
10.24036/0001043chr2024

Article Metrics

Abstract View : 16 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Utari Utari, Dina Sukma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.