Phubbing Behavior Pada Mahasiswa Yang Terlambat Studi

Julia Adela Putri(1*), Afdal Afdal(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Phubbing adalah perilaku yang menggambarkan orang yang terus memperhatikan smartphone selama berinteraksi dengan orang lain. Mahasiswa yang terlambat studi diakibatkan karena secara umum terjadi karena keseringan bermain smartphone. Pada saat bermain smartphone mahasiswa tidak fokus dengan waktu, kurang suka berinteraksi, tidak menghargai, dan tidak peduli dengan lingkungan disekitarnya. Phubbing behavior dapat dilihat dari dua aspek yaitu : 1) Aspek gangguan komunikasi, 2) Aspek obsesi terhadap ponsel. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan sampel sebanyak 3 orang mahasiswa dengan kriterianya yaitu: 1) Mahasiswa yang dipilih adalah mahasiswa FIS, 2) Mahasiswa tahun masuk 2017, 3) Mahasiswa yang memiliki ponsel berjenis smartphone, 4) Mahasiswa berjenis kelamin perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Phubbing Behavior pada mahasiswa yang terlambat studi secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk mengatasi tingginya perilaku phubbing pada mahasiswa yang terlambat studi yaitu Layanan konseling individu berbasis realita dan konseling Cognitif Behavior Teraphy (CBT).

References

Arifin,B,s. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Afdal, et, al. (2019). An analysis of phubbing behavior: preliminary research from counseling perpective. In I st International Conference on Education Science and Teacher Profession (ICETep 2018) 295, 270-273)

Afuan Yuza Putra, Ifdil, & Afdal. (2019).Deskripsi tingkat kecanduan smartphone berdasarkan minat sosial. Jeiptekin, Vol 3 (1): pp. 9-16,

Corey. (1973). Teori dan Praktek dan psikoterapi. Semarang:Ikip Semarang.

Deshpande, P. & Iyer , B. (2017). Research directions in the internet of every things. Paper presented at the 2017 international conference on computing, communication and automation (ICCCA). Vol.2

Karadag, E, dkk. (2015). Determinants of Phubbing which is the sum of many virtual addiction: Astructural Equational Model. Jurnal of Behaviour Addiction, Vol. 4, No. 2

Leung, L. (2008). Linking Psychological Attributcs To Addiction and Improper Use of the Mobile Phone Among Adolescents in Hong Kong. Journal of Children and Media, 2(2), 93-113.

Nursalim. (2015). Pengembangan profesi bimbingan dan konseling. Jakarta: Erlangga.

Nazir & Piskin. (2016). Phubbing and what Could Be Its Determinats: A Dugout Of Literature. Journal Pshology. Vol, 10

Rizki Adiyatma, Mudjiran, & Afdal. (2019). The Contribution of Self-Control towards Student Smartphone Addiction.Indonesia Journal of school Counseling (Year), 5(1), 45-49.

Ridho, M. Ali.(2019). Interaksi Sosial Perilaku Phubbing. Surabaya: Universitas Islam Negeri Surabaya.

Sumathi. (2018). Factors affecting consumer Behavior. Computers in human Behavior, Vol. 30(6).

Yola, Eka. P., Marjohan., Ifdil., dan Rezki Hariko. (2022). Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. 7, No. 2.




DOI: 10.24036/0001052chr2024
10.24036/0001052chr2024

Article Metrics

Abstract View : 9 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Julia Adela Putri, Afdal Afdal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.