Hubungan Kesadaran Diri (Self Awareness) dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas VII-VIII Mtsn 3 Padang Pariaman.
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
References
Ernawati, R., & Afdal, A. 2018. Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81-95.
Goleman, D. (2018). Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nulhusni, N., & Marjohan, M. (2019). Relationship of Locus of Control with Middle School Student Discipline. Jurnal Neo Konseling, 1(3). https://doi.org/10.24036/00129kons2019
Maharani, W. M., & . S. (2016). KEBIJAKAN PENDIDIKAN GRATIS BAGI MASYARAKAT KOTA BLITAR (Studi Implementasi Program Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun Berdasarkan Peraturan Walikota Blitar Nomor: 8 Tahun 2015). Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1(2). https://doi.org/10.26905/pjiap.v1i2.441.
Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Kesadaran Diri Dengan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung. NASIHAT J Bimbingan dan Konseling , 3 (1), 57-62.
Malikah. (2013). Kesadaran Diri Proses Pembentukan Karakter Islam. Jurnal Al Ulum, 13(1), 129–150.
Mumpuni, A., & Dan Laelia Nurpratiwiningsih. (2018). The development of a web-based learning to improveof a creative writing abilityof pgsd students. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 321–332. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.20009
Reski, N., Taufik, & Ifdil. (2017). Konsep diri dan kedisiplinan belajar siswa. Jurnal Education: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(2), 85–91. https://jurnal.iicet.org/index.php/j-edu/article/viewFile/184/210.
Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di SDN 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127–144. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6777.
Salam, N. F. S., Rifai, A. M., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 487–508.
Siregar, N. C., & Marsigit, M. (2015). Pengaruh pendekatan discovery yang menekankan aspek analogi terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran, kecerdasan emosional spiritual. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336.
Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. (2017). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Pedagogi Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 5(2), 78-84.
Tu’u. T. (2004). Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.
d, rather than their many synonyms.
DOI: 10.24036/0001053chr2024
Article Metrics
Abstract View : 89 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tris Nadia Putri, Zadrian Ardi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.