Deskripsi Penyesuaian Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Afifah Mutiara Luthfi(1), Neviyarni S(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Sebagai mahasiswa baru, mahasiswa perlu melakukan penyesuaian diri. Salah satu penyesuaian diri yang akan dihadapi adalah pada bidang akademik. Mahasiswa yang cenderung mempunyai penyesuaian akademik rendah akan sulit menyesuaikan dirinya terhadap proses peralihan dari masa sekolah ke masa perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian akademik mahasiswa baru FIP UNP tahun 2023 serta mendeskripsikan penyesuaian akademik mahasiswa baru FIP UNP ditinjau berdasarkan jenis kelamin  dan asal daerah. Penelitian menggunakan metode  kuantitatif dengan jenis deskriptif komparatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa baru FIP UNP 2023, populasi terdiri dari 1302 orang dan sample penelitian sebanyak 200 orang dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian akademik dengan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik persentase, untuk melihat beda menggunakan uji beda t-test dengan bantuan program SPSS versi 22  for windows sehingga memperoleh hasil yang mengungkapkan bahwa penyesuaian akademik mahasiswa baru berada pada kategori sedang. Terdapat perbedaan yang signifikan antara penyesuaian akademik mahasiswa baru laki-laki dan perempuan, serta mahasiswa baru yang berasal dari luar Sumbar dan Sumbar.

 


References

Al-khatib, B. A., Awamleh, H. S., & Samawi, F. S. (2012). Student's adjustment to college life at albalqa applied university. American International Journal of Contemporary Research 2 (11), 7-17.

Anderson & karthwahl. (2016). A Succinct of The Revisions to Bloom’s Calssic Cognitive Takxonomy by Lorin Anderson and David Krathwohl and How to Use Them Effectively.

Conley, C. S., Travers, L. V, & Bryant, F. B. (2013). Promoting Psychosocial Adjustment and Stres Management in First-Year College Students: The Benefits of Engagement in a Psychosocial Wellness Seminar. Journal of American College Health, 61(2).

Ernawati, R., & Afdal, A. (2018). Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81-95.

Friedlander, L. J., Reid, G. J., Shupak, N., & Cribbie, R. (2007). Social Support , self-esteem , and stres as predictors of adjustment to university among first- year undergraduates adjustment to university among first-year undergraduates. Of College Student Development.

Gie, T.L. (1995). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Prayitno & Amti, Erman. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Radestya, H. R., (2020). Pentingnya Adaptasi Mahasiswa dalam Perkuliahan di Tengah Masa Pandemi COVID-19. Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, 3(5), 57-76.

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 4(2), 73-84.

Sandra, Marryeta, Sitasari, N. W., Safitri. (2020). Perbedaan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Berdasarkan Jenis Kelamin. JCA Psikolog, 1(2), 28-39.

Saniskoro, B. S. R. & Akmal, S. Z. (2017). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 95-106.

Santrock, John W. (2004). Life-Span Development, Ninth Edition. New York: McGraw-Hill.

Schneiders. (1964). Personal adjusment and mental health. USA: Brosh publishing company..

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Syahid, M., & Rozali, Y. A. (2021). Gambaran penyesuaian akademik mahasiswa dalam menghadapi kelas online universitas esa unggul jakarta. Jca Of Psychology, 2(02).

Yusuf, S. L. N. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan (Suatu Pendekatan Komprehensif). Bandung: Refika Aditama

Yusuf, S. L. N, Sugandhi, N. (2020). Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zahri, T, N., Yusuf, A. M., & S, Neviyarni. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Journal Konselor, e-journal UNP, 6(1), 18-23.




DOI: 10.24036/0001059chr2024
10.24036/0001059chr2024

Article Metrics

Abstract View : 47 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Afifah Mutiara Luthfi, Neviyarni S

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.