Hubungan Self-Efficacy dengan Work Readiness pada Siswa SMK N 1 Lubuk Sikaping

Zahra Nisrina Afifah(1*), Zadrian Ardi(2), Puji Gusri Handayani(3), Rahmi Dwi Febriani(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengangguran di Indonesia didominasi oleh lulusan SMK. Hal tersebut terjadi karena Work Readiness siswa yang masih rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi Work Readiness yaitu Self-Efficacy yang artinya adanya keraguan pada siswa terhadap kemampuan dirinya. Penelitiana ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Self-Efficacy dengan Work Readiness siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Adapun sampel penelitian ini sebanyak 218 siswa SMKN 1 Lubuk Sikaping yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data diperoleh dengan memberikan instrumen penelitian berupa angket Self-Efficacy dan angket Work Readiness yang sudah diuji validitas. Lalu diolah dengan menggunakan metode statistik untuk mencari hubungan antara kedua variabel menggunakan teknik pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Self-Efficacy berada pada kategori sedang dengan persentase 80,7%, (2) Work Readiness berada pada kategori sedang dengan persentase 79,8%, (3) terdapat hubungan positif yang signifikan antara Self-Efficacy dengan Work Readiness dengan rxy=0,751 dan taraf signifikansi sebesar 0,000.

References

Alifa, N. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Praktik Kerja Lapangan Terhadap kesiapan Kerja

Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Keluarga, 6(1).

Andrianus, I. J. (2020). Efikasi diri dengan kesiapan kerja pada siswa kelas XII di SMK X.

Jurnal Imiah Psikologi, 8(4).

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise Of Control. W.H. Freeman and Company.

Brady, R. P. (2010). Work Readiness inventory: Administrator’s guide. Job Information Seeking

and Training (JIST) Works.

Elfranata, S., Daud, D. J., Yeni, Y., Pratiwi, N., Meliyani, E., Ervin, E., & Mecang, H. K. (2022).

Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri di

Kecamatan Pontianak Utara. JEID: Journal of Educational Integration and Development.

Eliyani, C. (2018). Peran Efikasi Diri Sebagai Variable Moderating Dari Pengaruh

Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Mandiri: Ilmu

Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2(1).

Elvira, R. & M. (2019). Hubungan Self-Efficacy dengan Kedisiplinan Belajar Siswa SMK.

Jurnal Neo Konseling, 1(2).

Febriani, R. D., Triyono, T., Handayani, P. G., Zahri, T. N., & Sari, A. K. (2024). The Problem

of Misconceptions about Guidance and Counseling Globally. Jurnal Counseling Care,

(1).

Fitriyana, A. N., Kurjono, K., & Santoso, B. (2021). THE INFLUENCE OF SELF-EFFICACY

ON STUDENTS’WORK READINESS. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 2(2).

Itryah, I., & Anggraini, B. F. (2022). Hubungan Self Efficacy terhadap Kesiapan Kerja pada

Siswa Kelas XI SMK Pembina 1 Palembang. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10).

Lubis, A., & Khairani, K. (2021). The Relationship Between Self Efficacy and

StudentWorkReadiness in Vocational High Schools. Jurnal Neo Konseling, 3(2).

Oktavia, P., Hariko, R., Taufik, T., & Handayani, P. G. (2024). Resiliensi Akademik Siswa

SMA yang Tinggal Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1).

Rahman, M. F. (2018). Hubungan keterampilan kerja dengan kesiapan kerja mahasiswa

Politeknik Kesehatan Samarinda dalam menghadapi MEA. Psikoborneo, 6.

Sukmawati, I., Afdal, A., Andriani, W., Syapitri, D., & Fikri, M. (2022). Kesehatan Reproduksi

Remaja (Konsep Dasar dan Modul Pelayanan Bimbingan dan Konseling).

Suryadi, S., & Nasution, F. A. P. (2023). Revolusi Industri, Tren Pekerjaan Masa Depan, dan

Posisi Indonesia. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(2).

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan. Jakarta:

Prenada Media Group.

Zhang, X.-H., Meng, L.-N., Liu, H.-H., Luo, R.-Z., Zhang, C.-M., Zhang, P.-P., & Liu, Y.-H.

(2018). Role of academic Self-Efficacy in the relationship between self-directed learning

readiness and problem-solving ability among nursing students. Frontiers of Nursing.

Zuniarti, Z., & Siswanto, B. T. (2013). Pengaruh motivasi belajar, kinerja intensitas

pembimbingan prakerin terhadap kesiapan kerja siswa SMK Pariwisata DIY. Jurnal

Pendidikan Vokasi, 3(3).




DOI: 10.24036/0001074chr2024
10.24036/0001074chr2024

Article Metrics

Abstract View : 49 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zahra Nisrina Afifah, Zadrian Ardi, Puji Gusri Handayani, Rahmi Dwi Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.